Search This Blog

Saturday, March 19, 2016

いい体験のJENESYS!! (Part 3)

Di hari kedua ini, tanggal 21 Januari 2016, rangkaian kegiatan makin banyak, dan kita ber-14 bakal pindah kota (aseeekkk).. hari ini kita bakal cuss ke Yamanashi!!

Di hari kedua ini, kegiatan pertama kita akan mendengarkan ceramah mengenai Jepang dari Profesor Akaishi (sebelumnya beliau udah menyambut kami di Universitas Takushoku). Beliau ngasih ceramah tentang globalisasi dan modernisasi yang dihadapi Jepang. Di akhir ceramah, kita berdiskusi dengan cara yang nggak pernah kita lakukan sebelumnya! Kita diajak untuk nemuin keyword-keyword yang bisa kita tangkep selama ceramah tadi. 

taken by Fina
taken by Eka
Nah, dari keyword-keyword itu kita disuruh menentukan kategori yang bisa mewakili keyword-keyword tadi. Sebelumnya kita dibagi ke dalam tiga kelompok. Gw sekelompok sama eka, desy, fina, da Hardianto. Hasil diskusi kelompok kita adalah faktor penentu kemajuan suatu Negara ada 3 faktor, yaitu pendidikan, masyarakat, dan industri. Menurut gw sih, diskusi ini menarik banget soalnya bikin kita ikut mikir tentang isi ceramah tadi. Kayaknya ini bisa deh diaplikasiin di kampus kalo ada acara-acara diskusi gitu.. soalnya bikin nggak ngantuk dan kita jadi makin ngerti apa yang lagi dibahas..

source : grup WA Jenesys
Kegiatan ceramahnya nggak begitu lama, sekitar 2 jam, itu juga nggak kerasa sama sekali. Biasanya kan kalo dengerin presentasi gitu suka ngantuk lol., nah ini nggak ngantuk sama sekali. Setelah selesai kegiatan ini, karena pas banget sama jam makan siang, kita ke restoran buat makan siang. Makanannya cukup tradisional sih.. hmm tapi selain tempura sama nasi, makanannya cukup 口に合わせない sih,,, maksudnya nggak cocok di lidah. Bisa dibilang, rata-rata makanannya hambar.. tapi gw abisin juga sih, karena sayang aja kalo nggak dimakan lol, dan kebetulan laper juga hahahah..

taken by Desy

source : FB Desy
Kelar makan siang, kita ngelanjutin perjalanan ke Yamanashi! Tomita-san bilang kalo perjalanan ke Yamanashi akan memakan waktu 2 jam. Kayak dari Jakarta-Bandung lah kira-kira.. nah karena perjalanan yang lumayan lama, gw bisa manfaatin waktu buat bobo bobo cantik. Sempet bisa tidur tapi bangun lagi karena pemandangan di sekitar jalan tol yang berupa pegunungan, plus salju-salju yang terhampar manja bikin gw bawaannya pengen foto-foto lol. Begitu sampe di rest area, pemandangannya juga nggak kalah indahnya. Tumpukan salju di mana-mana, dan udara beneran lebih dingin dari Tokyo! Meskipun lebih dingin, gw tetep seneng buat jalan-jalan dan foto-foto di sekitar rest area hahahah... 





Dua jam perjalanan kita lewati, akhirnya kita sampe di Pemda Yamanashi. Di sini kita semua disambut sama Kak Jennifer, orang Indonesia yang kerja di Dinas Pariwisata Yamanashi. Selain Kak Jennifer, ada Higashi-san dan Nakajima-san yang bantuin Kak Jennifer di bagian hubungan Indonesia. Mereka berdua bisa ngomong pake bahasa Indonesia dan sering dipanggil Kak Jennifer dengan sebutan “mas” lol. Kak Jennifer ini udah setahun bekerja di Yamanashi dan akan berakhir kontraknya sekitar bulan Juli kalo nggak salah. Beliau ngasih presentasi mengenai Yamanashi dan hubungan Indonesia dengan Yamanashi. Dari presentasi ini gw baru tau kalo Yamanashi udah punya hubungan baik dengan Yogyakarta. Kita juga dikasih tau tentang tata karma yang harus kita tahu selama homestay di rumah orang Jepang, seperti tata karma ketika masuk ke dalam rumah, makan, mandi di ofuro, dan lain-lain. Di akhir presentasi, kita dikasih mug bergambar hello kitty dan Gunung Fuji. Lucu banget mug nyaaaa!!

taken by Desy

taken by Desy

taken by Desy
Selesai dari Pemda Yamanashi, kita cusss ke hotel tempat kita nginep di Yamanashi. Nama hotelnya adalah Hotel Sekitei. Awalnya gw kira kita nginep di hotel yang bergaya modern kayak hotel di Tokyo. Tapi Hotel Sekitei ini punya kamar bergaya ryokan. Di kamarnya ada oshiire, futon, meja, dan kursi untuk lesehan. Di dalam kamarnya juga ada tempat tidur ranjang sihh. Suasana hotelnya sangat memperlihatkan sisi tradisional Jepang. Kalau kata saya hotel ini nihon rashii bangett. Untuk makanannya pun bener-bener makanan Jepang.. wah asik deh pokoknya waktu gw tau akhirnya dapet kesempatan buat nginep di hotel ala Jepang hehehe...

taken by Desy

taken by Desy




Di malam itu kita diingetin lagi buat nyiapin persembahan yang buat ditampilin ntar. Sebenernya waktu itu kita cukup bingung dengan info yang ada. Kita bingung kita harus nampilin sesuatu yang harus “Indonesia banget” atau yang “tentang Jepang”? Kita juga bingung kita tampilnya pas kunjungan ke Universitas Yamanashi atau pas acara perpisahan dengan orang tua homestay? Kita akhirnya mutusin untuk menampilkan tari Yosakoi. Sebenernya terpaksa siih.. karena awalnya nggak kepikiran buat nampilin ini. Apalagi yang lain belom pernah tau apa dan seperti apa tari Yosakoi ituu.. gw harus ngajarin gerakan Yosakoi ke yang lainnya. 

Awalnya gw sempet nolak keputusan ini karena tari Yosakoi kan butuh properti, kalo ga pake properti nggak rame. Tapi karena teman-teman sepakat buat bawain Yosakoi, yaudah deh akhirnya gw setuju untuk ngajarin mereka. Di waktu latihan yang hanya sedikit ini, gw memutuskan untuk tidak menarikan yang full version, tetapi yang short version dengan durasi hanya 2 menit. Untung aja gw inget kalo ASOBU (klub Yosakoi di Unsada) punya lagu Soran Bushi yang short version, jadi kita pake lagu tersebut untuk penampilan nanti. Capek juga ngajarin mereka.. tapi seruuu.. kita semua keren!! lol.

source : Grup WA Jenesys

taken by Desy

No comments:

Post a Comment