Search This Blog

Wednesday, March 16, 2016

いい体験のJENESYS!! (Part 2)

Sekitar jam 7 pagi waktu Jepang, akhirnya kita sampe di Bandara Haneda! Hmmm... kira-kira ada 8 jam kali ya gw duduk di pesawat. Di pesawat cuma bisa tidur-tidur ayam karena nggak ngerti caranya ngeset bangku biar enakan. Akhirnya bisa tau juga sih caranya, tapi setengah jam sebelum landing lol.

Begitu nyampe di Haneda, gw masih nggak percaya kalau gw akhirnya bisa menginjakkan kaki di Negara Jepang! Masih kayak mimpi! But, hey, we got it, guys! We arrived here for real! This isn't a dream so wake up! lol. Begitu keluar dari pesawat udara dingin langsung nusuk banget ke telapak tangan yang waktu itu belom pake sarung tangan. Ini aja masih di di dalem bandara, belom kebayang deh di luar dinginnya kayak gimana. Di dalem bandara, orang-orang jalannya pada cepet-cepet. Di sini ketauan deh mana yang dari Indonesia mana yang asli orang Jepang. Waktu naik eskalator, gw sempet lupa kalo kita nggak boleh berdiri di eskalator samping-sampingan, soalnya bisa ganggu orang yang mau jalan duluan. Sekalian deh ngingetin temen-temen lain biar berdirinya 1 line aja, nggak usah samping-sampingan. 

Setelah melalui proses pengambilan bagasi, pemeriksaan bagasi, dan pemeriksaan imigrasi, sebelum keluar bandara, kita semua dikumpulin terlebih dahulu oleh staff dari JICE. Terus kita dikasih tanda pengenal untuk barang bawaan kami plus nametag. Ah.. bangga banget liat nama gw tertera di bawah tulisan JENESYS 2015 dan nama panggilan gw dicetak dengan katakana, ヌリダ. Kita nunggu jemputan bis sekalian nungguin rombongan anak SMA yang entah gimana caranya kita bisa nggak barengan, padahal kita satu pesawat. Tapi akhirnya kita ngumpul semua, dan menuju ke bis.

taken by me
Udah bisa ditebak lah ya, di luar bandara SUMPAH DINGIN  BANGET TJOY! Gw ngeliat aplikasi cuaca di hp menunjukkan 4 derajat celcius. SERIUSAN 4 DERAJAT BANGAT NIH TJOY??! Jangan sekali-kali bandingin dinginnya sama udara di puncak bogor deh, beda! Udah dingin gila, anginnya kenceng pulak. Anginnya bikin muka gw langsung kaku dan bikin ga berenti ngomong "Allahuakbar" saking dinginnya angin waktu itu. Tapi tetep aja norak karena mulut kita ngeluarin uap kalo ngomong, kita jadi bagi-bagi napas "hoh hoh" mulu ga kelar-kelar. Oiya untung aja di dalam bis dipasang penghangat. Baru kali ini betah di bis gara-gara anget, biasanya di Jakarta AC mati dikit di bis udah rasanya kayak pengen tebalikin abang supir sama bisnya juga. 

Pas tau gimana dinginnya Jepang di musim dingin, gw sempet khawatir sih kira-kira gw bisa ga ya melalui kegiatan-kegiatan JENESYS selama 1 minggu ke depan? Terus kira-kira gw bakal tiba-tiba berubah jadi yukidaruma atau jadi Elsa ga ya? Tetapi kekhawatiran ilang waktu gw ngeliat ke luar bis selama perjalanan dari Bandara Haneda ke tempat orientasi awal kami. Ughh chanmaen pemandangannyaaa... nggak berenti-berenti kita foto-fotoin apapun yang kita lewatin lol. Apalagi waktu gw ngeliat si merah gagah Tokyo Tower yang menjulang, semakin menumbuhkan motivasi gw untuk menyelesaikan kegiatan ini sampe akhir. 

taken by me

taken by me

taken by me
Sekitar 30 menit di perjalanan, kita sampe di tempat orientasi, gw lupa nama tempatnya deh. Tapi sebelum kita turun dan masuk ke gedung, koordinator dari JICE yang akan ngekordinir kita selama di Jepang menyambut kitaa di bis dan memperkenalkan diri. Namanya Tomita-san. Beliau bisa bahasa Indonesia, tapi aksennya masih Jepang banget (duh), tapi sumpah deh, beliau orangnya care bangeeeettttt sama kitaaa... kita bener-bener dipandu dengan baik dan nggak pernah ninggalin kitaa yang masih polos-polos iniii..

source : FB Desy
Waktu acara orientasi awal, kita dikasih tau apa aja yang akan kita lakukan selama kegiatan JENESYS. Kita dibagiin buku panduan peserta, buku kecil nihongo kaiwacho, kairo (penghangat, hotpack), dan masker (yang buat mulut ya!). Buku panduan yang kita dapet ini isinya lengkap banget, mulai dari jadwal kegiatan, pengetahuan dasar tentang Jepang,  informasi tentang gempa, tabel isian untuk laporan harian, sampe cara pake toilet pun ada! Terus hotpack sendiri dibagiin biar bisa dipake selama kegiatan di Yamanashi, yang katanya suhunya lebih dingin dibandingkan dengan Tokyo, soalnya Yamanashi deket sama Fujiyama. Duh, gw ga tau harus gimana lagi deh, Tokyo aja udah dingin banget, apalagi Yamanashi. Semoga aja gw ga berubah jadi es mambo.

Setelah orientasi yang umum kelar, abis itu ada orientasi grup oleh koordinator kita, Tomita-san. Kita, mahasiswa UNSADA yang kece-kece ini dikelompokkan dalam grup B, sedangkan murid SMA menjadi grup A. Tomita-san ngasih arahan agar kita selalu mengecek suhu badan setiap hari dengan alat pengecek suhu yang dipinjamkan ke grup kita (dipegang oleh grup leader si fajar), dan mencatatnya di lembaran kertas yang dibagikan. Kita juga disuruh ngecek ulang data-data kami seperti nama lengkap, nama panggilan, alamat SNS (facebook, twitter, instagram, dll), makanan yang dilarang, dan alergi. Hal penting lainnya adalah kita juga diwajibkan untuk selalu pake hand sanitizer setiap sebelum makan.

Orientasi umum dan grup berjalan lancar daaaaannn kita MAKAN SIANG! Gw jujur,  penasaran kira-kira kita bakal makan apa. Oiya untuk makan sehari-hari, pihak JENESYS menyediakannya 3x sehari, jadi suka tidak suka, mau tidak mau, kita harus makan. Tentunya makanannya bisa dimakan sama kita. Tempat makan siangnya nggak begitu jauh dari tempat orientasi, dan di tempat makan siang, gw cukup kaget sih soalnya kita dilayani dengan baik banget. Untuk makan siang di hari pertama ini, jujur, gw kurang ngerti sama makanannya. Salmon segede gaban dengan bumbu terong balado, mungkin aneh, tapi enak! APALAGI SALMONNYA GEDE BANGAT MAK! AKU SENANG! Selama ini gw nggak pernah makan salmon segede dan setebel itu. Jadi yaa Alhamdulillah, gw tentunya ngabisin makanannya ditambah pizza dan kentang goreng. Mungkin karena dingin, nafsu makan jadi gede alasan aja sih sebenernya karena emang doyan dan nggak mau sia-siain makanan mahal

source : FB Desy

source : FB Desy
Kelar makan siang, kita melanjutkan ke kegiatan yang selanjutnya, yaitu menuju Universitas Takushoku di Hachioji. Kebetulan di kampus tersebut ada junior yang ryuugaku, namanya Uning. Sebenernya gw ga sabar mau ketemua sama dia secara langsung karena selama ini cuma liat kegiatan dia lewat facebook. Tapi sejujurnya agak deg-degan juga soalnya gw kan jarang ngobrol sama orang Jepang, tapi yaudahlah yah hajar ajahh... Dari tempat makan siang ke Universitas Takushoku cukup lama, sekitar 1 jam. Awalnya gw pikir kampusnya dekat dengan pusat Tokyo, ternyata tempatnya agak lumayan jauh terus suasanya sangat amat tenang. Jadi inget IT Telkom yang tenang banget kampusnya. Selama perjalanan ngeliat salju yang makin banyak, hahahah makin norak buat foto-fotoin lol. Haduh, capek deh, nggak ada abis-abisnya fotoin salju.

Di Universitas Takushoku kita disambut dengan ramah. Waktu gw liat penampakan Uning di ruangan, gw sama Uning langsung heboh sendiri lol. Nah, sebelum acara interaksi dimulai, pihak Universitas Takushoku memberikan sambutan, dan dari pihak Unsada juga memberikan sambutan. Yang paling wow adalah mahasiswa Takushoku memberikan presentasi tentang Universitas Takushoku pakebahasa Indonesia! Walaupun pengucapannya lucu, tapi mereka sangat percaya diri untuk mempresentasikan sesuatu. Meski terbata-bata tapi mereka kereeeeennnnn!!!! Gw aja belum tentu bisa kayak mereka. 

Di sesi interaksi,  kita ber-14 dibagi jadi empat kelompok biar ngobrol-ngobrolnya lebih efektif. Gw sekelompok sama Fahri, Azizah, dan Fina, berada di kelompok A, dengan Saki, Nozomi, dan dua orang lagi (maap, gw lupa namanya) dari Takushoku. Kita ngobrol ngalor-ngidul tentang Indonesia dan Jepang dengan bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Jepang. Iya, tiga bahasa. Ini kesempatan gw untuk melatih bahasa Jepang gw, dan mereka berusaha untuk ngejawab atau ngobrol pake bahasa Indonesia dan Inggris. Saki bilang kalo tahun lalu mereka pergi ke Jakarta dan Solo. Dua orang lainnya belum pernah ke Indonesia. Saki juga ngasih kita kartu pos bergambar hina matsuri ningyou. Kita dikasih waktu 2 jam untuk interaksi dan nggak kerasa (banget) kegiatan interaksi sudah selesai. Seru banget kegiatan interaksinyaaaa!!

source : FB Desy

source : Grup WA JENESYS

source : Grup WA JENESYS
Kita balik ke Tokyo untuk menuju hotel tempat kita menginap, yaitu Sunshine City Prince Hotel. Untuk tempat menginap pun pihak JENESYS menyediakan hotel yang bagus bangetttt. Gw makin bersyukur bisa ikut program JENESYS ini. 

taken by me
Abis makan malam, kita dikasih jam bebas sampe jam 23.00. Gw sama desy dan eka cuma jalan-jalan sekitar hotel aja. Daaann... untuk pertama kalinya gw nyobain jidouhanbaiki yang ada di depan hotel. Kebetulan ada minuman hangat di situ, gw beli Hot Lemon yang harganya 130 yen. Ya ya yaa... gw norak banget pas nyobain vending machine nya. Momen yang paling norak waktu uang kembaliannya keluar dari mesin.. pas banget!! Waktu itu gw belom punya recehan, jadi pake duit 1000 yen kertas.. lebih norak lagi waktu minumannya keluar dan beneran anget minumannyaa... oke, norak momen nya udahan dulu, karena di luar dingin banget, kita bertiga balik lagi ke kamar. 

taken by Eka

taken by me

Malem ini, gw sekamar sama fina, dari fakultas teknik kelautan. Gw pengen pengakuan dosa nih.. jadi pas di hotel gw laper lagi pingin makan makanan yang berbumbu... gw akhirnya bikin mi.. kemaren gw sok-sokan bawa mi gelas biar lebih hemat space. Eh ternyata gw baru sadar karena gw ga tau harus bikin mi gelas ini di mana. Teko listrik ada, air ada, tapi... mangkok/ gelas gede dan sendok/ garpu nggak ada. Gw bingung banget sampe akhirnya gw liat ada gelas buat bikin ocha. Hmmm... akhirnya gw bikin mi gelas di situ. Emang ga gitu gede gelasnya, tapi mayan lah buat bikin mi gelas. Sendoknya?? Gw gantian sama fina buat pake garpu popmie, karena kebetulan fina juga lagi pengen makan popmie.... hahahahh sumpah kocak banget ini, nggak bakal gw lupain. Makasih finaaaaaa :*

No comments:

Post a Comment