Search This Blog

Sunday, February 19, 2017

AADJ, Ada Apa dengan Jepang : Musim Semi di Jepang


Jepang masih menjadi destinasi wisata favorit para turis di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Apalagi, dalam beberapa bulan ke depan, Jepang akan memasuki musim semi, musim yang menjadi waktu terbaik untuk liburan ke Jepang! Gimana nggak jadi favorit, di musim ini kita bisa melihat sakura bermekaran di mana-mana dan membuat kita jadi berkhayal ala-ala dorama. Ulalala~ langsung deh berkhayal lagi lari-larian sama Takeru Sato di antara bunga sakura yang berjatuhan dengan indahnya (Kenapa jadi kayak film India gini pake lari-larian segala?)

Sebenernya berkunjung ke Jepang saat musim semi adalah salah satu impian saya yang belum tercapai. Banyak hal-hal AMAZING di Jepang yang bisa kalian dapatkan dan alami kalo berkunjung ke Jepang waktu musim semi lhoo..

FESTIVAL HANAMI

sumber : http://maconmonitor.com/2015/03/14/what-macon-can-learn-from-how-the-japanese-celebrate-cherry-blossom-festivals/
Hanami merupakan aktivitas wajib warga Jepang ketika bunga sakura lagi mekar secara penuh (istilahnya mankai). Ketika hanami, orang-orang akan berpiknik di bawah pohon sakura. Jadi, sambil menikmati bekal, mereka bisa melihat keindahan bunga sakura dari dekat, dan biasanya dilakukan di pagi sampai sore hari. 
Buat yang ga bisa nikmatin hanami di pagi sampai sore hari, datanglah hanami di malam hari, atau yang biasa disebut dengan yozakura. Karena malam hari, lampion-lampion dan lampu-lampu cantik akan dinyalakan, yang membuat tampilan pohon sakura semakin ciamik tentunya. 

sumber : http://bradleyparker.blogs.com/green_tea_grits/2011/04/sakura-time.html
Bunga sakura mulai bermekaran mulai akhir Maret sampai sekitar April, tergantung kalian ada di daerah mana, karena tiap wilayah rata-rata bunga sakura hanya mekar selama satu minggu saja, jadiiiii menikmati bunga sakura adalah hal yang langka bagi orang Jepang sendiri, nggak heran kalo waktunya hanami pasti bakal rame bangeett, karena ini adalah festival yang AMAZING! Ini beberapa tempat terbaik untuk menikmati hanami (Japan Guide) :
1. Shinjuku Gyoen (awal April, bayar 200 yen, buka mulai 09.00-16.30)
2. Ueno Park (awal April, gratis, yozakura mulai jam 17.00-20.00)
3. Chidorigafuchi (awal April, gratis, yozakura sampai jam 22.00)
4. Sumida Park (awal April, gratis, yozakura sampai jam 22.00)
5. Yoyogi Park (awal April, gratis)
6. Asukayama Park (awal April, gratis, yozakura sampai jam 21.00)
7. Meguro River (awal April, gratis, yozakura sampai jam 21.00)
8. Inokashira Park (awal April, gratis)
9. Koishikawa Korakuen (awal April, bayar 300 yen, buka mulai jam 09.00-17.00)
10. Koishikawa Botanical Garden (awal April, bayar 400 yen, buka mulai jam 09.00-16.30)
11. Aoyama Cemetery (awal April, gratis)
12. Showa Memorial Park (awal sampai pertengahan April, bayar 410 yen, buka mulai jam 09.30-17.00, weekend sampai jam 18.00)
13. Koganei Park (awal sampai pertengahan April, gratis)
14. Mount Takao (pertengahan sampai akhir April, gratis)



FESTIVAL SHIBAZAKURA

sumber : http://weekdaywanderlustlooks.com/fuji-shibazakura-a-pink-paradise/
Festival Shibazakura ini juga merupakan festival yang AMAZING untuk dinikmati ketika musim semi tiba. Shibazakura adalah jenis bunga moss phlox yang mekar sempurna pada saat musim semi. Fastival ini dilaksanakan di dekat danau Kawaguchi, dimana dari spot ini kita bisa juga melihat kemegahan Gunung Fuji yang menjulang tinggi! Untuk tahun 2017 ini, Festival Shibazakura akan dilaksanakan tanggal 15 April sampai 28 Mei, dan dikenakan biaya sebesar 600 yen untuk masuk ke kawasan ini. Kepopuleran festival ini tentunya mengundang banyak turis lokal maupun asing untuk berkunjung ke sini. Kalo kalian mau foto-foto dengan puas di sini, sebaiknya hindari berkunjung saat weekend atau saat libur Golden Week, karena pasti bakal penuh banget tempatnya, jadi susah buat narsis-narsis deh.

sumber : http://www.japan-guide.com/blog/sean/130507.html

sumber : http://www.japantimes.co.jp/culture/2014/04/17/events/events-outside-tokyo/fuji-shibazakura-festival-extends-prime-blossom-viewing-season/
Lokasi wisata AMAZING yang sangat instagram-able bukan??



KUIL ARAKURA SENGEN DAN PAGODA CHUREITO

sumber : http://mtfuji-jp.com/flower/march/
Masih ingat dengan gambar di atas? Kalo kalian belum puas menjelajah tempat wisata sekitar Gunung Fuji, lokasi wisata ini juga wajib dikunjungi saat musim semi karena kalian akan bisa mendapatkan pemandangan seperti foto di atas secara langsung! Lokasinya nggak begitu jauh dari tempat Festival Shibazakura kok, tapi emang butuh perjuangan sih sampai di spot ini. Untuk sampai ke Pagoda nya saja, kalian harus jalan menanjak dan menaiki 400 anak tangga. Tapi semua lelah hilang kalo kalian udah liat Gunung Fuji yang sangat indah dan mirip persis dengan yang ada di foto. Tempat yang sangat AMAZING untuk menantang stamina dan fisik, tetapi juga indah karena kita seperti berhadapan langsung dengan Gunung Fuji, ditambah dengan keindahan bunga sakura dan Pagoda Chureito yang menjulang.



ASAKUSA SANJA MATSURI

sumber : http://japanphototrip.com/sanja_matsuri/
Musim semi di Jepang, nggak harus soal bunga sakura melulu. Di kuil Sensoji Asakusa, setiap bulan Mei diadakan Sanja Matsuri. Festival tahunan ini merupakan salah satu simbol dari kota Tokyo dan diadakan selama tiga hari di bulan Mei. Hal yang paling menarik dari festival ini adalah parade omikoshi yang diangkat oleh ratusan orang. Untuk tahun ini, Sanja Matsuri diadakan tanggal 19-21 Mei.

Sanja Matsuri dimulai dari hari Jumat sampai Minggu. Di hari pertama, diadakan Parade Daigyoretsu, yaitu prosesi besar dimana para pemimpin agama shinto, pejabat kota, geisha, pemusik, dan penari memakai baju zaman Edo. Mereka berjalan menuju Kuil Sensoji melewati Yanagi dori. Setelah parade berakhir segera diadakan upacara shinto, kemudian diikuti oleh tari tradisional untuk mendoakan kesejahteraan dan panen yang berlimpah. Di sore hari, kita bisa melihat omikoshi pertama yang dibawa oleh warga Asakusa diiringi oleh pemusik yang bermain taiko dan seruling.

sumber : http://www.japan-guide.com/e/e3063.html
Di hari kedua, sekitar 100 omikoshi dari 44 distrik sekitar Asakusa dibawa ke Kuil Sensoji untuk didoakan sebelum mereka membawa kembali untuk diparadekan di daerah sekitar untuk menyebarkan keberuntungan dan kesejahteraan. Beberapa dari mereka ada juga yang memiliki omikoshi untuk anak-anak dan wanita.

sumber : https://asianinspirations.com.au/event/japans-wildest-festival-sanja-matsuri/
Festival di hari ketiga dimulai dari jam 6 pagi , dimana ratusan orang berkumpul di gerbang Asakusa dengan memakai pakaian festival yang seragam sesuai daerahnya. Mereka akan bertanding untuk membawa salah satu omikoshi dari tiga omikoshi utama. Untuk keamanan, para penonton tidak diperkenankan untuk berada dekat gerbang. Kemudian selama dua jam omikoshi tersebut diparadekan ke berbagai arah, dan hingga malam hari mereka harus mengelilingi seluruh jalan, termasuk area perbelanjaan, sebelum kembali ke Asakusa. Kemeriahan Sanja Matsuri ini tentu menjadi daya tarik yang AMAZING untuk kalian yang pengen banget ngerasain Matsuri di Jepang langsung!



BERBURU ANEKA PRODUK BERTEMA BUNGA SAKURA

Keunikan dan keindahan bunga sakura membuat pelaku bisnis di Jepang menciptakan berbagai inovasi bertema bunga sakura. Produk-produk yang diciptakan berdasarkan musim ini tentu menarik perhatian turis asing bahkan warga Jepang itu sendiri. Warna bunga sakura yang unik membuat orang-orang jatuh hati ingin membelinya. Coba yuk kita lihat produk apa saja yang diciptakan dengan tema bunga sakura.

Mc Donalds
sumber : https://oyatsucafe.com/blogs/news/sakura-themed-food
 Haagen Dazs
sumber : https://oyatsucafe.com/blogs/news/sakura-themed-food
Starbucks
sumber : http://jpninfo.com/41496
Coca Cola
sumber : https://tokyocheapo.com/food-and-drink/seasonal-sakura-items-tokyo-japan/
Potato Chips dari Calbee
sumber : https://tokyocheapo.com/food-and-drink/seasonal-sakura-items-tokyo-japan/
Chips berbentu bunga sakura
sumber : https://oyatsubox.com/
Kitkat
sumber : https://www.flickr.com/photos/x3magic/91065674
sumber : http://8tokyo.com/2010/04/04/kitkat-sakura-matcha/
Wah, malah jadi pengen -_- Ini baru beberapa, aslinya buanyaaakkk banget. Kalo kalian dapet kesempatan untuk pergi ke Jepang di musim semi, jangan kaget kalo produk-produk bertemakan bunga sakura bertebaran di mana-mana. Ini menjadi salah satu hal AMAZING yang bisa kalian temui di saat musim semi di Jepang. Berburu produk bertemakan bunga sakura bisa menjadi aktivitas yang nggak kalah seru kok.

***
Liburan ke Jepang saat musim semi memang butuh budget ekstra karena musim semi Jepang termasuk peak season lho. Nggak heran kalo kalian hunting tiket pesawat ke Jepang di sekitar bulan April, harganya gila-gilaan. Tapi bukan berarti kalian nggak bisa menekan budget liburan kalian seminimal mungkin untuk dapet yang semaksimal mungkin. Kekayaan budaya yang ada di Jepang nggak akan habis kita explore, mulai dari yang tradisional sampai yang modern, semua sangat menarik untuk dinikmati. Nggak salah kalo Jepang selalu menjadi destinasi unggulan ya ^_^

 Mungkin beberapa dari kalian pengen liburan ke Jepang ala backpacker tapi masih takut untuk terlalu nekat melakukannya. Beberapa agen travel sebenarnya banyak yang menyediakan paket travel untuk berkunjung ke Jepang pada saat musim semi. Saking banyaknya, kalian pasti bingung mau pilih yang mana dan apakah agen travel tersebut bisa dipercaya atau nggak. Kan kita nggak mau udah bayar mahal, tapi malah kecewa, entah ditipu atau perjalanannya ga sesuai harapan. 

Tapi kekhawatiran itu hilang waktu buka official webnya HIS Travel Indonesia, yang menyediakan paket-paket travel fantastis dengan harga terjangkau. Semua informasi mengenai jalan-jalan ke Jepang, mulai dari JR Pass, sewa wifi, hotel, transportasi, dan lainnya, ada semua di website itu. Nggak cuma tentang travel ke Jepang doang, negara lain juga ada, bahkan yang domestik pun ada, lengkap deh pokoknya. Layanan-layanan yang diberikan oleh HIS Travel Indonesia membuatnya memiliki kelebihan-kelebihan dibandingkan agen travel lain, yaitu

1. Kenyamanan Servis
HIS Travel Indonesia memiliki tanggung jawab untuk mendukung kebutuhan perjalanan mulai pada saat reservasi hingga kembali ke rumah. Wuih, mantap kan layanannya, nggak perlu grasak-grusuk deh kalo mau liburan.

2. Global Network yang Mendukung Keamanan
HIS memiliki keuntungan dengan jaringan global yang mendukung perjalanan. Dengan sistem terbaik melayani mulai dari reservasi hingga kembali ke rumah.

3. Harga Terbaik langsung dari cabang luar negeri
Cabang HIS di luar negeri menawarkan harga terbaik untuk hotel dimanapun dan kapanpun dibutuhkan.

4. Unggul dalam Individual Tour
HIS Travel Indonesia menyediakan berbagai macam tour dan menangani tour sesuai dengan keinginan. HIS dapat menyusun perjalanan Anda mulai dari tiket pesawat, hotel, optional tour, kereta api, penyewaan mobil dan semua yang dibutuhkan. HIS juga membantu mengurus visa. Segala prosedur untuk pembuatan visa bisa diserahkan kepada HIS.

5. Unggul untuk Perjalanan ke Jepang
HIS memiliki 273 cabang di Jepang, sehingga dapat melakukan reservasi perjalanan ke Jepang di kantor cabang lain di luar negeri. HIS akan menangani mulai dari cara penggunaan JR PASS hingga penerbangan domestik.

Oiya, untuk musim semi tahun ini, HIS Travel Indonesia punya paket tour JAPAN SAKURA lho. 

Dengan harga yang relatif terjangkau, kalian bisa menjelajah Jepang selama 8 hari 6 malam. Dalam paket tour ini kalian akan mengunjungi beberapa turis spot tersohor (Kiyomizu Temple, Shirakawa Go, Sannomachi Street, Matsumoto Castle, Mt.Fuji, Resort Kawaguchi, Asakusa Kannon Temple, Shinjuku), menikmati bunga sakura di beberapa spot keren (Nishinomaru Garden, Kema Sakuranomiya Park, Philosopher's Path, Sumida Park, Chidorigafuchi & Ueno Park), dan shopping (Shinsaibashi, Gotemba Premium Outlet, Nakamise Street, Shibuya). Seru kaaannn????

HIS juga memiliki produk bernama HAnavi yang merupakan kerjasama HIS dengan All Nippon Airways (ANA). HAnavi melayani penerbangan-penerbangan domestik dan reservasi hotel domestik. Dengan HAnavi, kalian bisa mengunjungi tempat-tempat di Jepang yang anti mainstream, tentunya tujuan-tujuan wisata dibuat sesuai dengan keinginan kalian. Kalian pun bisa menghemat waktu perjalanan ke tempat-tempat tersebut karena menggunakan pesawat, dibanding harus menggunakan kereta atau bis. 


Nah.. sudah siap jalan-jalan ke Jepang?? Yuk, mulai siapin rencana perjalanan kalian dari sekarang. Siapa sih yang nggak mau tau gimana teratur dan disiplinnya orang Jepang, teknologi-teknologi tinggi yang ada di Jepang, budaya yang masih sangat kental, dan lokasi-lokasi wisata yang AMAZING, khususnya pada musim semi. Semoga tulisan ini membuat kalian semakin ingin ke Jepang ya, dan jadikan HIS Travel Indonesia sebagai partner travel kalian ^_^

Nihon de aimashou! ^_^

Tautan :

4 comments:

  1. Aku juga pengen banget ke Jepang pas musim semiiii :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jepang di musim semi emang indah bangettt.. makanya banyak orang pengen kesana liat bunga sakura :D

      Delete
  2. Wah saya pengen ikutan lomba blognya tapi belom punya blog hehe

    ReplyDelete
  3. wah saran saya sih bikin aja mulai dari sekarang, terus rajin-rajin ngepost.. biasanya HIS ngadain kompetisi blog tiap musim lho.. nggak ada salahnya buat nyoba :D

    ReplyDelete