Search This Blog

Friday, May 20, 2016

TRIP KE JEPANG!! Enaknya kemana yaaa....

Ikuti Present Campaign HIS Summer Trip Blogging Competition

Jepang identik dengan Tokyo.. biasanya orang-orang yang liburan ke Jepang, pasti perginya ke Tokyo, Osaka, Kyoto ya sekitar-sekitar itu aja.. padahal banyak lhoo tempat wisata di Jepang yang seru.. misalnya tempat-tempat wisata sekitar Fuji-san. What?! Gunung Fuji?? Itu bukannya tempat wisata yang terkenal juga?! Gunung Fuji nya sih iya.. itu juga biasanya turis cuma liat Gunung Fuji, terus udah gitu aja, jarang yang explore tempat-tempat wisata yang ada di sekitarnya.

Emangnya ada tempat wisata menarik di sekitar Gunung Fuji?

Ada dooong... kalo ngomongin Fuji-san, nggak jauh-jauh ngomongin 'rumah'nya Fuji-san, yaitu Yamanashi. Nah Yamanashi ini daerahnya tenang banget, nggak serame Tokyo.. cocok deh buat turis yang lagi liburan dan mencari ketenangan di Jepang hehehe... tapi bukan berarti daerah ini sepi dan nggak ada tempat yang menarik lhoo.. nih ada beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi kalo kalian pergi ke Yamanashi~

Arakura Sengen Shrine dan Chureito Pagoda

Kamu pernah liat foto ini??

sumber : google image

Ngaku deh, pasti kamu pernah kan pasang foto ini jadi wallpaper di hp/ laptop/ komputer kamu?

Kalo kamu udah berhasil sampe ke Jepang, kudu banget dateng ke sini, karena kamu akan mengingat masa-masa di mana kamu lagi mimpi pengen pergi ke Jepang terus pasang wallpaper di atas. Kebetulan saya punya fotonya pas musim dingin Januari kemarin. Jangan harap bisa dapet foto yang sama kayak wallpaper itu ya karena Fuji-san nya lagi berawan dan bunga sakura nya lagi nggak mekar.

dokumentasi pribadi
Tapiii... jangan kesini hanya karena pengen liat viewnya yang spektakuler, harus tau sejarahnya juga. Tau nggak nama dari bangunan warna merah itu? Itu namanya Pagoda Chureito yang dibangun tahun 1963. Pagoda ini merupakan bagian dari Arakura Sengen Shrine.

Untuk menuju tempat ini kamu harus siapin stamina. Kenapa? Karena... ada 400 anak tangga yang harus kita naiki satu-satu! Tapi semua lelah itu bakal terbayar waktu kamu udah nyampe di atas! Pemandangannya super indah! Nih, musim dingin aja begini, apalagi di musim lainnya! Penasaran kaann.. kamu kudu dateng ke sini! Gimana caranya kalo mau ke sini? Kamu bisa naik kereta sampe stasiun Shimo-Yoshida yang ada di jalur Fujikyu Railway (35 menit dari Otsuki, 10 menit dari Kawaguchiko). Dari stasiun Shimo-Yoshida, kamu hanya perlu jalan 10 menit sajaa.. 

Stalaktit dan Stalagmit di Fugaku-Fuketsu Lava Cave

Pernah ke goa Jepang?? Goa yang ada di Jepang maksudnyaa.. kalo mau tau gimana rasanya masuk ke goa yang ada di Jepang, tempat ini bisa jadi salah satu tujuan wisata kamuu... emang apa sih keunikannya? Kenapa harus dateng ke sini?

dokumentasi pribadi
Goa ini merupakan goa lava yang terbentuk dari erupsi Gunung Fuji. Fuketsu Lava Cave adalah salah satu goa lava yang terkenal di antara delapan goa lava lainnya di sekitar Gunung Fuji. Goa ini berada di hutan Aokigahara. Apa?!! Aokigahara yang tempat bunuh diri itu?!! Nggak usah khawatir, tempat ini steril kok.. jadi aman-aman ajaa.. Kalo kamu ke sini di musim dingin, kamu harus siap stamina jiwa dan raga, karena.. ya ga usah ditanya sih, dingin banget! Di musim dingin, kamu bisa liat keindahan stalaktit dan stalagmit yang terbentuk di goa yang memiliki panjang 201 meter dan tinggi 8.7 meter ini. Dulu goa ini juga sering dijadikan sebagai kulkas alami untuk menyimpan ulat sutra atau bibit tanaman. Tapi kalo kamu datang ke sini di musim lainnya, jangan harap bisa liat stalaktit dan stalagmit, meskipun di dalam goa kamu tetep ngerasain dingin.

dokumentasi pribadi
 Kamu butuh merogoh kocek sebesar 290 yen (dewasa) dan kamu harus beli tiketnya terlebih dahulu di mesin tiket lalu tiketnya diberikan ke petugas loket. Sebelum masuk goa, kamu diwajibkan untuk memakai helm yang sudah disiapkan di dekat mesin tiket. Untuk akses ke tempat ini kamu bisa naik kereta sampai stasiun Kawaguchiko lalu naik bis ke Fuketsu yang memakan waktu sekitar 25 menit.
Meskipun nggak setiap musim kita bisa 'menikmati' goa ini, tapi pasti kamu penasaran kan sama goa lava hasil erupsi Gunung Fuji ini? Tempat ini cukup menarik kok buat dikunjungi ^o^

dokumentasi pribadi

Berburu Strawberry di Ichigobatake

Siapa yang suka strawberry?? Yamanashi terkenal dengan produksi buah strawberry, anggur, dan persik. Salah satu tempat wisata yang bisa kamu kunjungi adalah Ichigobatake. Sebenarnya sih banyak kebun strawberry di Yamanashi untuk tujuan pariwisata, dan Ichigobatake adalah salah satunya. Di sini kamu bisa memetik langsung buah strawberry dari pohonnya! Hmm.. jangan samain deh sama buah strawberry yang ada di Indonesia. Strawberry di Jepang besar-besar! Akses ke tempat ini sangat mudah lhoo hanya 7 menit dari stasiun Katsunuma.

dokumentasi pribadi
Untuk harga tiket berbeda-beda tergantung waktunya. Misalnya dari 1 Januari-29 Februari harga tiketnya 1800 yen, untuk anak-anak umur 3 tahun-anak SD harga tiketnya 1200 yen, berbeda dengan harga tiket tanggal 1 Maret-10 April yang harganya 1500 yen untuk dewasa dan 1000 yen untuk anak-anak. Kalo kamu bawa anak atau keponakan berumur di bawah 3 tahun nggak perlu bayar tiket.

dokumentasi pribadi
Saat berburu strawberry di Ichigobatake, pilihlah strawberry yang sudah merah dan mengkilap, niscaya kenikmatan akan buah strawberry akan terasa maksimal. Ditambah lagi dengan colekan kental manis, ugh! Penasaran dengan manisnya buah strawberry khas Yamanashi beserta cocolan kental manisnya? Wajib dateng ke Ichigobatake ini!

taken by Desy Fuzzy

Yamanashi Perfectural Art of Museum

Kalo kamu adalah pecinta seni, museum ini adalah tempat yang pas untuk kamu kunjungi! Di sini kamu bisa melihat karya-karya seni modern dan kontemporer dari seniman-seniman Jepang. Selain itu, museum ini juga memamerkan karya dari seniman besar Millet, seniman dari Sekolah Barbizon, dan seniman besar yang berasal dari Eropa. Bahkan museum ini terkenal sebagai tempat menyimpan koleksi-koleksi Millet yang penting. Museum yang dibangun pada tahun 1978 ini menyimpan koleksi seni sekitar 10.000 karya! Wah, banyak ya! 

sumber : http://www.art-museum.pref.yamanashi.jp/english/
Berminat ingin melihat karya-karya seni di dalamnya? Kamu hanya perlu merogoh kocek 670-1260 yen untuk dewasa dan 210-590 yen untuk mahasiswa, tergantung tempat mana yang kamu ingin kunjungi (permanent collection/ special exhibition). Untuk menuju ke sini pun tidak sulit, kamu bisa naik bisa dari stasiun JR Kofu sekitar 10 menit.


sumber : http://www.art-museum.pref.yamanashi.jp/english/

Pacu Adrenalin di Fuji-Q Highland

Setelah pergi ke tempat bersejarah dan budaya, makan strawberry, dan melihat karya-karya seni, akan lebih seru kalo ngelanjutin jalan-jalan kamu ke Fuji-Q! Salah satu Theme park populer yang berada di area Fuji-san ini memiliki beberapa jenis wahana roller coaster yang harus kamu coba! 

sumber : google image
Ada roller coaster Fujiyama (tinggi 75 meter, kecepatan 130 km/jam), Dodonpa (tinggi 52 meter, kecepatan 172 km/jam), Eejanaika (roller coaster 4 dimensi, tinggi 76 meter, kecepatan 126 km/jam), dan Takabisha (121 derajat freefall, 7 twist track). Wahana roller coaster yang spektakuler ini bisa membuat adrenalin kamu terus berpacu dan patut dicoba oleh kamu yang suka tantangan! Selain itu ada banyak atraksi menarik untuk anak-anak seperti Ge Ge Ge Kitaro Haunted House, Hamutaro Rides, Kaiketsu Zorori Land, dan masih banyak lagi!

sumber : http://www.japan-guide.com/e/e6918.html
Fuji-Q terletak di dekat Stasiun Fujikyu Highland yang berada di Fujikyu Railway Line (tidak disupport oleh Japan Rail Pass, tapi menggunakan JR Tokyo Wide Pass). Kalo kamu ingin naik bis juga bisa, setiap bisa yang akan ke area Fuji Five Lakes akan berhenti di Fuji-Q ini. Untuk masuk ke dalam Fuji-Q kamu dikenai biaya entrance ticket sebesar 1500 yen, Untuk tiket free pass selama satu hari kamu harus membayar 5700 yen (dewasa), jika membeli tiket free pass untuk 2 hari dikenakan biaya 9300 yen (dewasa). Ada biaya tambahan sebesar 3900 yen (dewasa) jika kamu ingin masuk ke wahana Thomas Land. 


Festival Musim Panas di Yamanashi

Kemana pun kamu pergi ke daerah yang ada di Jepang, kamu akan menemui festival atau matsuri yang diselenggarakan oleh masyarakat daerah tersebut di waktu tertentu. Mengadakan festival adalah salah satu budaya dari masyarakat Jepang. Tidak terkecuali di Yamanashi yang memiliki beberapa festival menarik yang menarik. Karena di Jepang akan memasuki musim panas, ada festival musim panas tahunan yang diadakan di Danau Kawaguchiko, tepatnya di daerah Fujigoko. 

sumber : http://www.pref.yamanashi.jp/english/

Festival tersebut bernama Kojosai yang menandakan berakhirnya musim panas. Salah satu ritual yang dilakukan di Kojosai ini adalah menghanyutkan ratusan lentera yang diletakkan di dalam perahu kecil ke danau. Ritual ini diadakan untuk memurnikan diri dan pembersihan dari semua gangguan iblis. Ritual utama Kojosai diawali dengan diluncurkannya sekitar 5000 kembang api yang tentunya sangat indah. 

sumber : google image


Terusss... apa aja siiiih makanan khas di Yamanashi?

Hoto

sumber : http://www.pref.yamanashi.jp/english/

Makanan lokal asal Yamanashi ini dimasak bersama sayur dalam kuah miso. Sekilas terlihat seperti udon, tetapi hoto memiliki perbedaan dengan udon. Hoto bertekstur tidak begitu kenyal dan untuk memakainya tidak perlu direbus terlebih dahulu untuk menghilangkan rasa asin, karena hoto tidak memakai garam dalam pembuatannya. Hal lainnya yang menjadi ciri khas dari Hoto adalah, hoto dimasak langsung dalam kuah miso. Selain sayur-sayuran yang dipakai untuk melengkapi Hoto, labu juga merupakan bahan utama untuk Hoto, sehingga banyak orang yang ketika mendengar kata 'labu' langsung ingat dengan Hoto.

Nigai


sumber : http://www.pref.yamanashi.jp/english/


Selain Hoto, Nigai juga merupakan makanan khas dari Yamanashi. Nigai atau kerang yang direbus sangat populer dengan keunikan rasanya. Hmm.. tunggu, Yamanashi kan daerah yang dikelilingin daratan, kok kerang bisa jadi makanan lokal Yamanashi dan populer? Zaman dahulu, kerang dikirim ke Yamanashi dari Sungai Fuji menggunakan transportasi berupa kuda. Untuk penyajiannya, biasanya kerang ini dicocol terlebih dahulu dengan soyuu sebelum dimakan. Ada juga yang memakannya dengan kaldu dashi


Yamanashi menarik bukan?? Sebagai "Home of Mt. Fuji" Yamanashi menawarkan berbagai spot menarik untuk kamu kunjungi. Kalo kamu tertarik untuk berkunjung ke Yamanashi, kamu bisa menggunakan beberapa akses transportasi lhooo...

sumber : http://www.pref.yamanashi.jp/english/

Menggunakan Kereta (sekitar 90 menit)
JR Chuo Line (Azusa or Kaiji Limited Express) : stasiun JR Shinjuku → stasiun JR Kofu
JR Chuo Line (Azusa or Kaiji Limited Express) : and Fujikyu Line stasiun JR Shinjuku → Stasiun JR Otsuki → Stasiun Fujikyu Kawaguchiko
Menggunakan Bis 
Chuo Express Bus (Shinjuku⇔Kofu) : Stasiun Shinjuku West Exit Bus Terminal → Stasiun JR Kofu (sekitar 130 menit)
Chuo Express Bus (Shinjuku⇔Fuji Five Lakes) : Stasiun Shinjuku West Exit Bus Terminal → Fujikyu Kawaguchiko Station (sekitar 105 menit)
Menggunakan mobil
Chuo Expressway : Takaido IC → Kofu Showa IC (sekitar 80 menit)
Chuo Expressway : Takaido IC → Kawaguchiko IC (sekitar 70 menit)

** transportasi di atas adalah dari Tokyo. Untuk transportasi dari Nagoya dan Osaka bisa cek di http://www.pref.yamanashi.jp/english/access/index.html

Sekarang udah tau kaan kalo banyak tempat seru di Jepang selain kota-kota besar seperti Tokyo, Osaka, Kyoto, Nagoya, dll... kalo kamu sedang berencana untuk pergi ke Jepang, tapi kamu bingung mempersiapkan segala macam hal yang harus dipersiapkan, jangan bingung!! Ada H.I.S yang menyediakan layanan individual maupun group tour dengan tujuan perjalanan domestik maupun internasional serta berbagai produk guna memudahkan wisatamu~ H.I.S akan membantu kamu dengan senang hati supaya wisatamu menyenangkan! :D Kalo kamu pengen punya pengalaman naik maskapai penerbangan milik Jepang, ANA (All Nippon Airways), ada HAnavi yang merupakan kolaborasi antara H.I.S. dengan ANA yang dirancang khusus untuk wisatawan asing yang datang ke Jepang. Untuk lebih jelasnyaaa, kamu bisa ke website H.I.S. atau ke facebook H.I.S. di https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia

Sekarang udah nggak repot lagi deh kalo mau ke Jepang. Ohiya, jangan lupa masukin Yamanashi/ Fuji-san sebagai tujuan trip kamu yaaaa, dijamin nggak bakal nyesel deeh :D

---------------------------
http://www.pref.yamanashi.jp/english/tourism/products/index.html
http://www.japan-guide.com/e/e6918.html
https://www.fujiq.jp/en/
http://www.art-museum.pref.yamanashi.jp/english/
http://www.yamanashi-kankou.jp/english/

Ikuti Present Campaign HIS Summer Trip Blogging Competition

Tuesday, May 10, 2016

いい体験のJENESYS!! (Part 4)

-- Gw nulis pengalaman Jenesys terakhir sampe part 3, itupun udah dari bulan Maret.. maafkan, karena gw ngejar skripsi gw, soalnya gw pengen secepatnya kelar,,, daan karena gw udah melengkapi bab 1-4 (meski masih butuh revisi lagi kayaknya), jadi gw pengen nerusin nulis pengalaman gw waktu ikut Jenesys Januari lalu --

Di hari ke-4 ini, gw sama Widia diajak buat jalan-jalan ke tempat wisata yang ada di Yamanashi. Asli, gw sama sekali nggak tau kita bakal diajak ke mana. Penasaran tapi males nanya, mau nanya tapi takutnya ujung-ujungnya nggak ngerti juga. Jadi, gw pasrah aja deh mau diajak kemana hahaha. Otosan bilang kalo kita pergi bareng-bareng sama rombongannya Nakajima-san yang kemaren malem ketemu di kaitenzushi. Wiih seru nih pasti, lumayan ada objek buat cuci mata. Yah, meskipun ternyata Nakajima-san udah punya istri dan anaknya dua, itu nggak bikin semangat gw luntur, soalnya Nakajima-san baik banget aslikk.. mungkin emang dia  juga mau bantuin Otosan buat ngajak kita halan-halan :3 Oiya, hari ini Okaasan nggak ikut halan-halan, jadi gw cuma bertiga sama widia dan Otoosan. Sebelum cuss, gw sama Widia maen salju di belakang rumah...


Jam sepuluh lewat dikit akhirnya kita cuss berangkat halan-halan. Aduh, nggak usah diceritain deh ya gimana perjalanannya, intinya pemandangannya indah banget, asli! Gw ga ada bosen-bosennya liat pemandangan dari luar jendela, putih semua! Hahahah... sampailah kami di sebuah tempat yang tadinya gw nggak tau itu apa, dan tempat itu namanya Kuil Arakura Sengen. Pasti belom pernah denger kan? Sama, gw juga waktu itu ga tau itu tempat apaan, yang jelas gw taunya itu kuil hahahah. Awalnya gw mikir, kok kita diajak ke tempat yang nggak terkenal sih.. apalagi jalan menuju ke tempat ini tuh lewat perumahan gitu, jalannya jalan komplek gitu deh terus tempat parkirnya sepi! Makanya awalnya gw mikir ini tempat apaan ya... yang bikin menantang, kita harus naik tanjakan bersalju... deg-degan asli gw, takut gelinding ke bawah.. karena licin jadi rawan kepeleset, mana tanjakan lagi.. tapi akhirnya gw bisa sih ngelewatin tanjakan itu, apalagi ditungguin Nakajima-san di atas :3



-- gw nanjak dari lampu di bawah itu tuh.. tinggi kan? --

Perjalanan belom berakhir sampe di sini, kita masih harus naik lagi.. ternyata ada yang lebih parah dari tanjakan bersalju, yaitu.... tangga yang anak tangganya gw ga tau ada berapa! Tinggiiii bangettt... awalnya sih gw yakin bisa naikin itu tangga, tapi di pertengahan jalan, gw mulai engap hahahah.. yah gimana ya, udara lagi dingin banget, tenggorokan gw lagi ga enak, ditambah ngos-ngosan, rasanya gw ga pengen naik sampe atas.. tapi udah sampe sini, masa iya gw turun lagi.. justru yang di atas itu tempat yang pengen kita tuju... sampe sini pun gw masih nggak ngerti ini kuil apa huhuhu... 


-- ini fotonya gw ambil dari paling atas, sebelum turun lagi ke bawah --

Nyampe di atas, hmmm... yaaa ada kuil warna merah, bagus sih menurut gw.. tapi gw belom paham di mana letak istimewanya, kecuali timbunan salju dimana-mana yang bikin kita susah jalan... 

taken by Widia
-- Foto sama Otosan --

Eh ternyata masih ada anak tangga lagi buat ngeliat view yang lebih bagus.. yaa gw penasaran dong secara gw belom ngeh ngapain sih kita harus ke siniii... dan.... inilah view yang sesungguhnya hahahahh



Gw mulai ngeh sih... soalnya waktu gw baru nyampe di atas sini, Nakajima-san nyuruh kita ke spot dia berdiri, terus dia ngasih tau deh.. "kamu pernah liat view kayak gini nggak, coba inget-inget..", dan akhirnya gw paham! Coba yang pengen banget ke Jepang, pasti pernah pasang gambar ini jadi wallpaper entah di hp atau laptop deh, iya kaann?? Yapp, view ini nih yang dia maksud...


Coba bandingin sama foto yang gw ambil deh....


Tuh, mirip kan?? hahahahh... hampir lah ya, cuma kurang bunga sakura (karena lagi musim dingin), Gunung Fuji (karena lagi berawan), sama kurang terang aja hahahahh... waktu tau kalo tempat ini ternyata yang suka ada di wallpaper itu, jadi lupa deh sama capeknya... berasa liat live wallpaper.

Oiya waktu nyampe di tempat ini, gw sering denger suara kayak dentuman bom gitu.. gw bingung itu suara apaan. Karena penasaran, gw nanya Otosan, ternyata itu emang suara bom.. wuttt??!! Lagi ada perang??!! Nggak, nggak... itu karena lagi ada latihan militer.. tuh bagian putih-putih di kiri bawah Gunung Fuji, itu tempat latihan militer ternyata.. baru tau ._.

Sebenernya di Arakura Sengen tuh seru, saljunya bejibun banget, sampe-sampe rombongan anak SMA yang bareng Nakajima-san maen lempar-lemparan salju sama anaknya Nakajima-san yang cowok yang masya Allah aktif banget kayak petasan jangwe.. nggak bisa diem hahahah.. sebenernya adeknya yang cewek juga ikutan maen lempar-lemparan salju, tapi jatoh terus nangis, jadi nggak dilanjutin..

Udah puas maen, kita turun lagi deh, karena pas banget udah waktunya makan siang, jadi kita pergi makan... anehnya ya, pas kita turun kok kita ngelewatin turunan yang nggak bersalju yah.. terus tadi kita naik dari mana yah.. itu yang bikin gw bingung sampe sekarang. Tapi yaudahlah ya, yang penting happyyyy :3 Pas mau naik mobil, gw nanya ke Otosan, gw boleh atau nggak duduk di depan, dan boleh!! Bukan kenapa-kenapa sih... pengen nemenin Otosan aja duduk di depan hehehe... Kita makan siang di restoran udon yang sederhana banget, nggak jauh dari Arakura Sengen. Meskipun sederhana, udonnya top markotop!! Waktu itu gw pesen tempura udon yang gw lupa harganya berapa... kayaknya sekitar 170 atau 180 yen deh, lumayan murah kan... banyak lagi hahahah... Aduh, pas banget deh dingin-dingin makan udon.. ngobrol bareng Nakajima-san lagi, yang kebetulan satu meja hahahah..

Abis makan siang kita melanjutkan perjalanan lagi ke suatu tempat... hmm aslik gw ga berani nanya kita mau ke mana.. sepanjang perjalanan sih nanya-nanya aja tentang Yamanashi, meskipun cuma sedikit-sedikit yang gw ngerti dari celotehannya Otosan. Oiya ada yang menarik nih selama perjalanan.. ternyata di sekitar situ ada tempat ski, nggak gede sih, tapi karena di situ daerah pegunungan jadinya kan lumayan lah buat ski gitu.. dan ternyata suhu saat itu 0 derajat! Otosan ngasih tau pas liat penunjuk suhu di pinggir jalan... oh God, Subhanallah 0 derajat, apakah kita bakal jadi es batu... hmm ini lebay sih.. padahal dari hari pertama di tempat homestay, suhunya -6 derajat.

Yakk, sampe juga di sebuah tempat yang.... hmmm... ini hutan? Kita mau ke hutan? Jangan-jangan ini Aokigahara.. hmm.. kabur aja apa... hahahah Duh gw sih ga kepikiran ya ini tempat apa, apalagi pas kita nyampe situ, salju turun dengan cantiknya... uwuwuwuww akhirnya liat hujan saljuuuu.. ada sih videonya, tapi cerita dulu yah hehehe...



Ternyata ini tempat wisata.. hmm sekilas gw ngeliat kata-kata cave.. hmm goa?? serius kita mau ke goa? Ke dalem goa?? Ngapain??! Goa ada es nya?? Ini musim dingin ngapain ke goa yang ada es nya?? T_T




Hmmm... gw mulai bertanya-tanya lagi ini sebenernya kita mau kemana dan mau ngapain.. karena lagi hujan salju, jadi yaa gw happy happy ajaa.. yang menarik di sini adalah.. kita beli tiket dari mesin.. jadi nanti tiketnya keluar dari mesin itu dan dikasih deh ke petugas loketnya... dan kita harus pake helm untuk masuk ke dalam goa nya..


Masuk ke dalam goanya... dingin bangeeeettttttt.... dan bagus banget ternyata stalaktit sama stalagmit tuh keren banget yah.. baru pertama kali liat soalnya hehehe tapi dinginnya nggak nahan.. makin ke dalam idung gw makin sakit.. untung tracknya nggak begitu panjang. Jadi ngikutin jalan sampe mentok, terus balik lagi ke pintu goa nya.. tapi dinginnya itu sumpah ga nahan T_T  Btw, tau gaa bedanya stalaktit sama stalagmit?? Gampangnya sihh, kalo stalaktit itu munculnya dari atas, kalo stalagmit dari bawah hahahahh..






Nggak butuh waktu lama untuk menjelajahi goa ini.. keluar dari goa, hujan saljunya makin deres.. haduhh.. dan gw baru sadar ternyata di depan tangga menuju goa ada penjelasan dari tempat yang kita singgahi ini..


Abis baca ini, gw langsung sumringah... Subhanallah, ternyata gw ke tempat yang keren banget hahahah... oiya, seperti janji gw tadi, gw ada video hujan salju.. cuma 18 detik tapi gw seneng banget liat video ini... ada penampakan Nakajima-san juga loh hahahah

video


Gimana gimanaaa.. seru kannn... meskipun dingin, ini pengalaman menarik banget buat gw.. terharuu T_T *lebay lo* *bodoo*

Karena udara makin dingin, Otosan ngajak kita ke tempat lain buat beli oleh-oleh.. gw pikir mau diajak ke mana, ternyata kita ke AEON... ke AEON yang di BSD aja belom pernah, sekalinya ke AEON perginya ke AEON Yamanashi. Kita dianter ke hyakuen shop, toko sejuta umat.. tau aja kita nyari barang yang murah-murah.. di sini gw beli speaker (entah buat apa), tas kecil, sama naruko sepasang.. iya! Gw nemu naruko!! Yang warnanya merah-item-kuning itu! Abis ke hyakuen shop, gw nanya ke Otosan, di sini ada toko buku atau nggak.. karena gw mau beli buku light novel Naruto (titipan temen gw). Tanpa basa-basi, Otosan bilang ada, dan langsung nganterin gw ke toko buku! Istrinya Nakajima-san juga ngikut ke toko buku.. seneng banget dikelilingin sama orang-orang yang care sama kita, padahal baru kenal sebentar T_T 

Kelar belanja-belenji di AEON, gw, Widia, dan Otosan berpisah dengan Nakajima-san. Kita bertiga langsung cus balik ke rumah buat makaaannn... nyampe rumah, Okaasan menyambut dengan senyumannya yang hangaaatttt... apalagi ternyata makan malam udah siap di meja makan (gagal lagi bantuin masak)... makan apa kita hari iniii??? Jeng jeeenngg...


Okonomiyaki, karaage, dan tempura udang+cumi!! Huaaahh... ini kesukaan gw semua T_T Karena ada gorengan, tak lupa gw ngeluarin saos andalan orang Indonesia. Di sini gw minta Otosan dan Okaasan buat nyobain pake saos, dan mereka ketagihan! Makan malam yang simple ini nggak bikin suasana jadi sepi, malah rame.. kita jadi sekalian ngobrol-ngobrol, gw ngasih tau banyak tentang UNSADA dan kegiatan-kegiatan yang ada di kampus... meskipun gw ngomongnya masih bingung sih hahahah tapi gw seneng banget bisa pamer UNSADA ke mereka.. mereka cuma bilang "hee.. sugoi desune..". Kita juga ngomongin hobi masing-masing.. dan karena Otosan suka melukis, Otosan ngeluarin hasil lukisannya dari ruang lukisnya..



Ugh chanmaen banget kan lukisannya Otosan.. itu ada banyak lho lukisannya di dalem ruangan. Apalah gw ini dibanding Otosan, gambar gunung ala anak SD aja nggak bagus bagus amat. Nah, kita juga promosiin Indonesia loh.. Widia sampe bikin makalah tentang Indonesia.. Otosan aja sampe buka atlas saking penasaran sama Indonesia.. nggak lupa kita ngasih beberapa suvenir ala Indonesia..



Gara-gara kita promosiin tentang Indonesia dan ngejelasin hubungan Indonesia-Jepang itu gimana, Otosan dan Okaasan jadi pengen ryokoo ke Indonesia. Asiiikkk... dan gw bilang ke mereka, kalo mereka ke Indonesia, gw bersedia kok jadi guide mereka, dan mereka seneng banget dengernya!

Hari keempat ini bener-bener penuh dengan pengalaman baru yang asik. Gw ga bakal lupa deh tentang hari ini... dan juga.. gw kangen rumah Otosan dan Okaasan.. T_T