Search This Blog

Tuesday, March 15, 2016

いい体験のJENESYS!! (Part 1)

Sebenernya JENESYS nya udah 2 bulan yang lalu sih... tapi karena gw belom cerita di sini, gw post aja biar rame. Sebelumnya, beberapa cerita gw salin dari laporan yang gw tulis buat kampus dan JICE (penyelenggara). Gw sih nggak tau boleh disalin dan ditaro blog atau nggak, cuma gw ambil positifnya aja, kan ini gw juga menyebarkan informasi tentang Jepang, khususnya selama gw ikut program JENESYS. Jadi bagus dong kalo gw taro blog juga,,,, ya nggak siihh.. (enggaaaakkkk)

Ini gw lagi ngerjain skripsi gw sebenernya, cuma karena lagi bosen, gw mengalihkan kegiatan gw ke hal yang bermanfaat juga. Semoga ini bermanfaat sih.. semoga yah.. tolong disemogakan lah ya (apa sih)

Oke...

Kita ber-14 berangkat dari Indonesia tanggal 19 Januari 2016. Oiya, di post sebelum ini, gw nyeritain suka duka gw dan temen sefakultas gw bikin paspor tanpa calo. Kejadian seru dan menegangkan waktu bikin paspor bener-bener kita jadiin kenangan berharga lol. Soalnya perjuangan kami waktu itu, dibayar di hari di mana kita akhirnya akan segera menginjakkan kaki di Negerinya suami gw (tomoya haha). 


Selasa, tanggal 19 Januari, kita ber-14 berkumpul di Lobi Gedung Rektorat UNSADA untuk bersama-sama berangkat ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta pake bisa kampus. Sebelum berangkat ke bandara, kita dikumpulin dulu di ruangan Sasana Wiyata bersama para orang tua yang mengantar mahasiswa, juga dihadiri oleh jajaran yang akan melepas kepergian kami. Hal yang paling bikin sedih waktu itu adalah semua temen-temen gw dianterin keluarga, mulai dari emak, bapak, adek, kakak, pacar, sedangkan gw, sama sekali nggak ada yang nganterin, hiks. Adek gw cuma nganterin sampe gerbang kampus dan balik lagi ke rumah, terus emak gw di sekolah, bapak gw.... yaah serem juga sih kalo bapak gw bisa nganterin. Awalnya gw pikir bukan gw doang yang nggak dianterin, ternyata beneran gw doang dong yang nggak dianterin. Sedih banget... apalagi pas detik-detik terakhir mau berangkat, temen-temen gw semua pada foto-foto sama keluarganya, pada ketawa-ketawa, sedangkan gw, cuma duduk-duduk aja nyender-nyender kayak gorengan baru diangkat. Tapi ya udahlah, ambil senengnya aja.. dalam beberapa menit ke depan, untuk pertama kalinya gw menginjakkan kaki di bandara lol.

source : FB Fajar

Sekitar jam setengah 4 sore, kita berangkat menuju bandara. Awalnya kita berencana berangkat jam 3 dari kampus, karena jam 5 sore bakal ada briefing dari Pak Wahyudi (Rama Tours). Kita sampai di bandara sekitar jam setengah 5 sore. Meskipun girigiri, kami sempat menunaikan sholat ashar terlebih dulu sebelum briefing. Nyampe di bandara berasa kayak orang penting gitu.. (hahah ga penting banget). Maklumlah gw baru pertama kali tau bentuk bandara kayak apa. Selama ini taunya cuma terminal, stasiun, sama pangkalan angkot doang. Asli, bandara soetta ternyata keren dan luas banget lol. Entah kenapa gw seneng banget jalan di dalemnya sambil bawa-bawa koper berasa orang penting lol. Untung bawaan gw ga terlalu ribet, cuma tas ransel satu dan koper satu. Gw emang usahain gimana caranya biar ga bawa barang banyak sih, biar enak jalannya. 

source : FB Fajar

source : FB Fajar
gue terlihat kurus
Jam 5 sore lewat kita di-briefing oleh Pak Wahyudi. Ternyata peserta JENESYS nggak cuma kita yang kece-kece ini doang, tapi ada juga peserta yang dari SMA. Jumlah peserta SMA lumayan banyak, sekitar 50 orang. Tapi meskipun kita pergi dan pulang bareng pake pesawat yang sama, ternyata  kita tak ditakdirkan untuk bersama terus program mahasiswa dan SMA berbeda. Gw sih nggak begitu paham gimana jadwal mereka.

source : Desy Fuzy
Karena ini pengalaman gw pertama kali ke bandara dan melalui proses boarding, gw sempet khawatir "duh kalo misalnya gw nyasar di dalem gimana", "duh gimana kalo ada dokumen gw yang ketinggalan", "duh gimana nih kalo koper gw kelebihan kapasitas maks", "duh gimana kalo gw ntar ketuker sama koper", dll. 

Untungnya dari pihak Rama Tours ngebantuin kita banget selama proses di bandara. Gw nggak begitu paham istilah di bandara, tetapi prosesnya cukup banyak, mulai dari pengecekan barang bawaan di mesin, cek badan, penimbangan bagasi, cetak tiket, pemeriksaan imigrasi, dan menunggu sampai waktunya boarding. Alhamdulillah wa syukurillah, koper gw cuma 11,1 kg! Nggak nyangka, gw pikir bakal berat banget timbangannya.. ternyata nggak nyampe setengah kapasitas maks.  

Hal penting yang gw pelajari waktu menunggu boarding di bandara adalah, belilah makanan di luar bandara, jika perlu bawa nasi bungkus. Gw bilang kayak gini soalnya makanan di ruang tunggu sebelum boarding itu mahal buanget. Bubur ayam aja 37 ribu, hiks, apalah gw ini yang cuma bisa jajan lidi-lidian. Waktu itu gw laper banget karena dari siang gw belom makan. Kepala gw udah pusing dan udah lemes banget (tapi dikuat-kuatin), akhirnya gw beli roti di salah satu toko. Tau harganya? Dua roti + 1 botol air mineral = 38 ribu,,,,, tapi karena gw makannya udah telat, jadi badan gw udah terlanjur ga terima makanan, jadilah badan  gw ga enak banget, hiks.  Sesuai dengan jam yang tertera di tiket pesawat, kita bakal take off dari Soetta pukul 21:45 WIB menuju Bandara Haneda, dan proses boardingnya dimulai dari 21:05 WIB. ... 

Bye bye Jakartaaa!!! Bye bye Indonesiaaaa!!!

Jujur gw ga ada foto-foto selama di pesawat, soalnya badan gw ga enak, terus emang udah capek karena udah malem. Jadi gw hanya menikmati lagu dan film yang emang disediain di tiap bangku. Duh, pertama kalinya naik pesawat langsung ke Jepang dan naik ANA (All Nippo Airways). Pesawatnya enak sih, tapi yang bikin rese' fajar sama desy yang ada di samping gw (gw di tengah). Ini dua orang cela-celaan mulu ga ada abisnya lol. Karena di pesawat ga ada yang bisa dilakuin selain duduk sama ngobrol, gw mulai deh pencet-pencet monitor lcd yang ada di bangku depan gw. Mulai dari nonton film, dengerin musik, sampe liat airmaps buat ngecek ini pesawat udah ada di mana lol. Sambil nunggu snack malem juga sih sebenernya, soalnya gw laper lagi, hiks. Jam 11 snack dibagiin, dan makan malem dibagiin jam 2 malem (itu makan malem atau makan sahur??). Makanannya gimana?? Nggak enak.. entah karena badan gw yang terlanjur ga sehat terus rasa makanannya jadi hambar, atau karena lagi di atas awan dan tekanannya pasti beda terus makanannya jadi ga enak, atau emang beneran aneh rasanya? Entahlah.. tapi abis juga sih lol. Namanya juga laperrr.. 

source : FB Desy

and I found that I hate being in plane, especially when 'take off' and 'landing' :((

No comments:

Post a Comment