Search This Blog

Sunday, October 2, 2011

All About Lily Chou Chou



Belakangan ini gw kepikiran sama film All About Lily Chou Chou yg gw tonton dari youtube. Awalnya gw liat2 komentar dari orang2 yg udah nonton di forum indowebster. Terus gw juga ngeliat review2 di blog atau dari website review movie berbahasa inggris. Gw liat di IMDb juga ratingnya lumayan tinggi, 7.6/10. Dari sumber2 ini gw penasaran banget sama filmnya, mulailah gw nyari dimana gw bisa culik softcopy film ini. Karena kapasitas harddisk sekarat, akhirnya gw putuskan untuk cari di youtube n nonton langsung. Syukurlah gw nemu film ini yang ternyata udah di-upload 4 tahun yang lalu, HD pula. Kalo di youtube sendiri file nya dibagi jadi 17 part, keseluruhan film 146 menit-an. Panjang jg ya filmnya, gw takut kalo gw bosen sama filmnya. Tapi karena tanggapan yang sangat positif dari banyak sumber, yes gw akhirnya nonton All about Lily Chou Chou malem2.

Gw buffer video part 1, untung lumayan cepet jadi gw nggak perlu nunggu lama buat ngilangin rasa penasaran gw. Film ini dibuka dengan adegan seorang anak laki-laki yang lagi di tengah sawah. Tapi selain itu di layar juga ada ketikan2 yang memperkenalkan Lily Chou Chou. Emang nggak secara gamblang sih, dan ini bikin gw jadi bingung kenapa ada tulisan2 itu. Seolah2 kita lagi ngeliat orang2 yg lagi ngobrol di sebuah forum. Kesan yg gw dapet selain bingung adalah, SURAM. Ya, alunan lagunya suram banget, bikin gw ngeri, tapi gw semakin bertanya-tanya dan penasaran sama film ini.

Oke, film ini tipikal banget dengan film jepang yg lain, alurnya lambat. Tapiiiii..... di sepanjang film ini kita akan selalu dihadapkan dengan ketikan2 percakapan forum yg udah dimulai sejak awal film. Sebenarnya forum apa sih itu? Itu adalah forum bernama Lilyholic, forum para penggemar Lily Chou Chou. Lily Chou Chou sendiri adalah tokoh fiktif di film ini yang diperanin sama Salyu, penyanyi juga. Lagu2 yang ada di film ini dinyanyiin sama si Lily Chou Chou. 

Lily Chou Chou sendiri dalam film itu cuma keluar di akhir2 doang, pas dia konser. Dan emang tokoh utama dari film ini bukanlah Lily Chou Chou, melainkan anak2 SMP yang menurut gw 'sakit,suram'. Meskipun begitu, kita akan selalu merasakan kehadiran Lily Chou Chou yang sangat kuat di setiap adegannya. Kenapa?? Perasaan itu akan muncul ketika kita baca percakapan forum yang selalu ditampilkan diantara adegan2. Oiya tokoh yang diceritakan disini ada 4 yg utama, yaitu Yuichi, Hoshino, Shiori, dan Yoko. 



Gw akan kasih hal2 yg menarik banget menurut gw. Awas, mungkin ini spoiler.
  • Kehadiran tokoh Lily Chou Chou yg menurut gw unik. Di film ini sama sekali dia nggak ditampilkan lho tokohnya. Itu karena yang sangat berperan disini adalah bagaimana musik Lily Chou Chou menjadi tempat pelarian buat ke-4 tokoh. Jangan kaget, di film ini crime nya cukup banyak, mulai dari bullying, pemerkosaan, prostitusi, pencurian, pelecehan seksual, pembajakan bis, dan pembunuhan. Kalo kata gw ya mereka 'sakit' dan parah banget. Buat ke-4 orang ini musik Lily Chou Chou adalah 'ether', bisa dikatakan sebagai 'a place of eternal peace'. Bahkan para penggemarnya udah menganggap Lily Chou Chou adalah sebuah sekte sendiri yg menjadi tempat pelarian mereka dari kehidupan nyata. Ya, mereka lebih memilih bercerita di cyber world dibanding dgn orang tua atau guru mereka. 
  • Percakapan forum yang sangat membingungkan. Bingungnya gw disini nggak bikin gw kesel, bahkan gw mampu melahap film ini meskipun gw nggak ngerti. "Philia", "Blue Cat", "Kuma", dll, akan sering muncul di percakapan ini. Ini bikin kita jadi mikir, apa ke-4 orang tokoh ini ikut serta dalam forum? Sampe film abis, gw belum tau siapa itu Philia, hoshino atau yuichi? yg mana yg pake nama blue cat? Sumpah, gw ga tau. Menurut gw percakapan forumnya cepet banget, tapi gw penasaran dan selalu menerka-nerka ini siapa dan itu siapa. Bagi gw ini hal menarik.
  • Film ini nggak begitu banyak dialog, tapi ada beberapa adegan bikin kita gemes, gregetan, marah, dan berbagai emosi lainnya. Letupan2 emosi itu bisa dirasain meskipun para tokoh cuma beradegan aja. Ini menurut gw film yg cerdas mencampuradukkan emosi penontonnya. Jangan heran kalo kita bisa membenci film ini sekaligus menyukai film ini. Gw sendiri..... gw benci sekaligus suka.
  • Para tokoh2nya yg berhasil menyampaikan betapa depresi dan menyakitkannya yg mereka hadapi. Asli keren banget kalo menurut gw.  Nggak perlu panjang lebar lah, nonton aja sendiri hehe...
  • Soundtrak yg mendukung. Lagu-lagu yang dibawain sama Lily Chou Chou berhasil banget menggambarkan emosi yg ada. Itu yg bikin gw betah nonton film ini 2 jam lebih. Meskipun gw nggak ngerti, gw nggak nyesel buffer video dan bahkan pengen nonton lagi.
  • Semua adegan membekas dalam pikiran gw. "Kenapa" dan "Kok bisa", itu yg ada di pikiran gw. Itu juga yg bikin gw gatel untuk nulis ini. Menurut gw ini film bagus karena gw kepikiran terus. Setelah pikiran gw stuck di film Confessions, sekarang jadi mikirin film ini.
  • Anak SMP. Semua tokoh utama adalah anak SMP. Kenapa itu yg bikin menarik? Tonton aja lah...

Kalo kalian nggak suka film yg alurnya lambat, alurnya maju-mundur-maju, suasananya suram meski bukan film horor (tapi film sakit hehe), atau bullying, nggak disarankan untuk nonton film ini. Tapi kalo tetap mau nonton, tanggung sendiri efeknya. Gw sendiri nggak bisa lepas dari film ini sebelum gw ngerti apa yg dibawa di film ini.

Intermezzo sedikit ya. Pemain utamanya disini itu masih unyu semua:
  • Yuichi diperankan oleh Hayato Ichihara. Di film ini akang Hayato masih umur 14 tahun, masih imuuuut. Kalo sekarang udah kayak mas2 (24 tahun). Pas banget akang Hayato buat meranin seseorang yg penuh dengan ketidakmampuan untuk menolong dan cocok di-bully. Tapi tetep unyu kok...
  • Hoshino diperankan Shugo Oshinari. Di film ini sebenarnya dia udah 20 tahun, tapi masih cocok jadi anak SMP. Dan menurut gw dia sangat tampan di sini, sayangnya dia 'sakit'. Tapi menurut gw dia di sini jadi 'korban'. Sori ya kalo pada nggak setuju sama gw (buat yg udah nonton).
  • Shiori diperankan oleh Yu Aoi. Gw suka sama karakternya Shiori. Dia itu tipe cewek pasrah tapi sebenarnya menyakitkan kehidupannya dia. Gw pikir dia bakal jadi heroine di film ini, ternyata dia terbang bersama layang2..
  • Yoko diperankan oleh Ayumi Ito. Karakter ini the best buat gw. Tipe cewek kuat dan pintar. Dia bisa mengatasi sesuatu masalah tanpa dia harus menemui masalah yg lebih berat. Bingung kan? Nonton aja...

After all,,,,, film ini berhasil mempermainkan emosi gw. 90% gw ngerasain rasa sakit yg sangat dalam. Crime2 nya sendiri udah bikin gw nyesek banget. Inget lho, mereka anak SMP. Kita ngapain aja pas SMP? Kalo lo bandingin kehidupan sekolah lo sama mereka, lo pasti bakal nyesek dan sakit.

Kalo mau denger lagu soundtracknya dulu, cari aja album Lily Chou Chou yg judulnya Kokyu di website2 terdekat

Recommended film. 8.0/10

4 comments:

  1. Kenapa "shiori" akhirnya pergi terbang bersama layang-layang, sampai sekarang saya belum paham kenapa dan apa alasanya kenapa harus dia.
    benar-benar film yang membingungkan tapi saya suka

    ReplyDelete
  2. Kenapa "shiori" akhirnya pergi terbang bersama layang-layang, sampai sekarang saya belum paham kenapa dan apa alasanya kenapa harus dia.
    benar-benar film yang membingungkan tapi saya suka

    ReplyDelete