Search This Blog

Saturday, March 13, 2010

Ini Kampus Idaman Saya... Kalau Kamu??



Kadang kita berfikir, apakah kampus idaman kita pasti menjadi kampus idaman semua orang? Jangan terjebak! Kadang kita beranggapan bahwa saya mengidam-idamkan kampus yang merupakan kampus dimana teman-teman saya akan berada disana. Dulu saya pernah berpikir demikian. Ketika kebanyakan teman saya akan meneruskan di kampus A, maka kampus A adalah kampus idaman saya. Benarkah demikian? Setujukah kamu dengan prolog saya? Jika setuju, tampaknya kamu perlu membaca artikel ini lebih lanjut.

"Nggak semua yang lo denger itu bener. " Pasti inget dong sama slogan dari salah satu iklan ini. Memang benar, nggak semua yang  teman-teman kamu bilang itu benar. Masih zaman ya ikut-ikutan teman? Hmmm.. untungnya hal ini tidak jadi pedoman saya dalam memilih PT (perguruan tinggi, pen). Saya lebih memilih PT yang menurut saya bagus menurut versi saya. Tapi saya bukan orang yang nggak setia kawan lho, buktinya saya masih berkomunikasi dengan teman-teman saya di berbagai PT. Sebenarnya penting apa nggak sih mendefinisikan PT idaman kita? Coba dijawab sendiri. Kalau menurut saya sih penting. Jangan sampai kita malah terkekang ketika berada dalam kampus. Bisa-bisa kita malah stress di kampus hehe..Oke, saya mau berbagi tentang kampus idaman saya.

Pertama, PT tersebut harus memiliki jurusan yang saya minati. Misalnya, saya suka segala sesuatu yang berhubungan mengenai komputer, maka saya harus mencari PT yang ada jurusan ilmu komputer atau teknik informatikanya. Pastinya setiap calon mahasiswa akan melakukan ini, nggak mungkin kan kita suka teknik tapi masuk kampus pendidikan? Pemilihan kampus terkait dengan jurusan yang kita minati sangatlah penting sebab di dalam kampus inilah nantinya kita akan belajar segala sesuatu yang berhubungan dengan minat kita. Kedua, saya harus tahu mengenai fasilitas pendukung yang berhubungan dengan hobi dan jurusan yang saya ambil. Saya kan suka komputer dan internet, jadi minimal harus ada hotspot lah di kampus atau ruangan yang terdapat koneksi LAN-nya, jadi ketika saya bosan dengan kegiatan perkuliahan saya bisa refreshing sekalian menggeluti hobi saya yaitu berinternet. Termasuk juga fasilitas laboratorium yang lengkap dan dapat mendukung kegiatan perkuliahan, kalau perlu semua mata kuliah ada praktiknya hehe...  

Ketiga, PT tersebut harus tersedia perpustakaan, umum maupun jurusan. Mengapa harus ada perpustakaan jurusan? Supaya saya lebih mudah mencari referensi yang sesuai dengan jurusan saya. Saya merasakan betapa sulitnya jika sebuah PT tidak memiliki perpustakaan. Sebagai mahasiswa, kantongnya selalu tipis dan sangat jarang membeli buku. Ditambah lagi apabila sang dosen memiliki buku referensi yang cukup mahal (tebal dan berbahasa inggris). Keempat, PT tersebut harus mendukung kegiatan organisasi mahasiswa. Kegiatan organisasi dibutuhkan untuk mengembangkan softskill mahasiswa, dan ini sangat perlu. Sangat lucu ketika ada seorang mahasiswa yang sangat jenius, tetapi kemampuan komunikasi dan kerja teamnya kurang, dan skill itu tidak diperoleh dalam kegiatan perkuliahan Kelima, PT tersebut harus uptodate mengenai informasi dunia kerja, ini berhubungan dengan status akreditasi yang kadang meresahkan mahasiswanya. Sepertinya status akreditasi ini telah menjadi pertimbangan khusus oleh calon mahasiswa.  Terakhir dan bukan yang paling akhir, lingkungan PT tersebut haruslah kondusif, dan hal ini relatif bagi setiap orang. Misalnya saya suka kondisi kampus yang tenang dan sejuk, jadi saya mencari kampus yang memiliki kondisi seperti itu. Mungkin kampus itu deket sama sawah atau sungai hehe..

Untuk menentukan kampus idaman tidak perlu ikut-ikutan teman, bukan? Cukup tanya diri sendiri, tanya ke hati nurani dan mulai merencanakan apa yang kamu inginkan sekarang, besok, dan masa depan. Meskipun subjektif, namun kriteria ini lahir dari pemikiran kita sebagai seorang pribadi yang akan menentukan masa depannya kita sendiri.

Ini kampus idaman saya.. kalau kamu?


No comments:

Post a Comment