Search This Blog

Monday, January 4, 2016

日本へ!!

Sebagai mahasiswa Sastra Jepang, pasti ada lah keinginan untuk menginjakkan kaki di Negara Jepang. Ya.. awalnya gw ga pernah kepikiran bakal bisa ke Jepang secepat ini. Setahun yang lalu, pas gw naik jadi ketua himpunan, orang-orang udah banyak yang bilang, "ciee ke Jepang nih ntar..". Kenapa? Karena di tahun itu, para ketua himpunan diberikan kesempatan untuk mengikuti program Jenesys yang khusus diadakan untuk anak unsada aja. Meski begitu, gw pengen jadi ketua bukan karena bakal ke Jepang sih.. sampe masa kepengurusan gw mau abis, ga ada kabar sama sekali tentang Jenesys ini. Yah, nothing to lose lah.. ada syukur, ga ada juga ga apa-apa. Sempet ga begitu berharap bakalan ada Jenesys, tapi...... ga lama setelah gw turun jabatan, jeng jeng jenggg.... !!!

Ketua BEM (yang belom turun), nyariin ketua himpunan (yang udah pada turun) buat infoin tentang Jenesys ini. Ternyata ada!! Waktu dikasih tau, antara seneng sama.... arghh ga bisa diungkapin dengan kata-kata deh! Intinya seneng pokoknya. Sampe-sampe kita berlima (ketua himpunan jepang, cina, inggris, D3, BEM) hampir mau diganti sama orang lain karena kita ga dapet info harus ngumpulin KHS. Eh ternyata besoknya disuruh ngumpulin transkrip dan foto. Aduh, bener2 dikejar waktu banget lol. Tapi waktu itu sih kita belom yakin-yakin banget pasti berangkat. Soalnya ada tahap wawancaranya. Sayangnya, ketua himpunan cina, Naila, ga bisa ikutan. Jadinya kita cuma berempat deh, gw, desy, eka, fajar. Aduh, gw sempet ga pede waktu tau ada wawancaranya. Gw ga pernah pede kalo ada wawancara gitu.. tapi yaudahlah, prosesnya emang kayak gitu.. ikutin ajah. Nggak lolos ya gpp, lolos ya alhamdulillah..

Waktu wawancara, sumpah gw deg-degan mampus. Dunia serasa mau runtuh. Apalagi yang ngewawancara ada Uda Sensei! Mati gw. Gw takut tiba-tiba hilang ingatan kalo sambil liat muka Uda Sensei. Untungnya pas giliran kita berempat masuk ruangan, doi cuma nyuruh kita jikoshoukai (self introduction), terus dia keluar ruangan. Gw rada lupa ditanyain apa aja pas kemaren wawancara. Intinya sih nanyain tentang motivasi ikutan Jenesys, Indonesia, dan Unsada. Diwawancaranya pake bahasa inggris. Halah... meskipun belepotan bahasa inggris gw, tancap gas aja lah! Lol.

Seminggu kemudian, kita berempat dikasih tau kalo kita lolos dan disuruh bikin paspor. Terus ada briefing juga. Gw pikir briefing pertama ini kita udah mulai dikasih tau jadwal-jadwal kita di sana. Ternyata nggak gitu, karena Uda Sensei yang ketampanannya belom ada yang nandingin itu sibuk (sepertinya dia yang menghubungi kita dengan pihak Jenesys nya). Pas briefing kita disuruh menceritakan tentang diri kita selama satu menit. Yaudah deh kita berempat belas (dari sastra, ekonomi, teknik, kelautan) giliran cerita. Cerita-cerita kita didengerin langsung oleh Pak Rektor, Bu Warek III, bapak-yang-gw-lupa-namanya-siapa, dan Pak Tommy. Oiya, Pak Tommy itu bakal jadi dosen pembimbing kita selama di Jepang. Beliau itu kajur Sastra Inggris, tentunya beliau bakal komunikasi pake bahasa inggris. Itu artinya, untuk bahasa jepang, yang ngerti cuma gw, eka, sama fajar o_o

Yah, apapun itu, bagaimana pun itu, gw sangat excited untuk ikutan program ini. Selain karena gw akhirnya bisa ke Jepang, gw bakal punya temen baru dari fakultas lain. Kesempatan yang ga bakal dateng dua kali ini, ga akan gw sia-siakan. Sayang kan, kalo ga dimanfaatin sebaik mungkin.. 

楽しみにしています!!

Btw, kenapa gw nulis lagi di blog? Karena katanya harus bikin blog buat laporan kunjungan. Ya siap-siapin aja lah lol.. 

Next post, bakal gw ceritain tentang suka duka bikin paspor tanpa calo.

Bubayyy~

No comments:

Post a Comment