Search This Blog

Monday, February 1, 2010

Tomodachi...


Pasti seneng banget ya rasanya punya teman.. teman yang banyak, apalagi jika batas negara dan wilayah tidak lagi menjadi penghalang. Indah sekali rasanya apabila jaringan pertemanan kita sangat luas, bahkan melampaui benua. Setiap bertemu, dalam aplikasi chatting misalnya, akan banyak yang dapat didiskusikan, mulai dari kenegaraan, sosial, ekonomi, lingkungan, dan tidak lupa masalah pribadi. Banyak pengalaman yang dapat saya ambil ketika berteman dengan orang luar. Misalnya saja, saya dapat menggunakan bhs inggris saya yang sudah lama saya simpan dalam kotak memori saya dan tidak pernah dipakai. Tentunya, bhs inggris ini menjadi penghantar dalam komunikasi yang terjadi.


Jangan minder duluan, tidak selalu yang kita ajak bicara sangat fasih berbahasa inggris. Saya punya teman dari Korea Selatan dan China yang kemampuan bhs inggrisnya sama seperti saya (belepotan), ada juga yang mahir karena dia biasa memakai bhs inggris. Setidaknya kita dapat saling belajar memahami kalimat2 percakapan.
Itu masalah bahasa. Jika sedang membicarakan negara masing2, ekonomi, lingkungan, dll, kita bisa menambah wawasan, dan pikiran kita akan semakin terbuka. Mengapa? Bayangkan, kita dapat berdiskusi, saling memberi saran, dan melakukan perbandingan. Terlebih, apabila dia seorang mahasiswa yang kritis. Saya pernah berdiskusi dengan mahasiswa dari China mengenai bendungan di Three Gorges, yang menurutnya bendungan tersebut mengganggu pemandangan. Dia juga pernah bercerita mengenai hengkangnya google dari China, dan masih banyak lagi topik diskusi lainnya. Saya juga pernah bertukar lagu dengan teman China juga. Jelas di sini terlihat bahwa pertemanan itu sudah tidak lagi terbatas oleh wilayah, negara, agama, dll. Namun, jangan lupakan jati diri kita, misalnya saya bercerita mengenai apapun kepada mereka dalam perspektif sebagai orang Indonesia dan seorang Muslim. Mengingat ada satu teman saya yang tidak memiliki agama, saya cukup terkejut. Ketika itu obrolan kita berlanjut sampai ke topik yang saya rasa cukup sensitif. Pada akhirnya saya cut pembahasan topik ini dan beralih ke topik lain.http://www.smileycodes.info http://www.smileycodes.info
Kalau menurut saya sih, banyak keuntungannya berteman dengan orang luar negeri. Yang paling penting adalah jangan sampai terbawa arus, tetaplah menjadi pribadi diri sendiri dan bangga dengan apa yang dimiliki oleh bangsa ini. Dan untuk memperlancar percakapan, pakai saja Google Translate ..
Sampai saat ini saya punya teman sekitar 12 orang:

수현 문 Moon Su-Hye, Korea Selatan

Lina, China

超群史 Chao Qun Shi, China

Joon hyeok hyu, Korea Selatan

진협 김 Kim Jin Hyub, Korea Selatan

green-melody ~belom nanya nama~, China

주희야 Ju Hee Ya, Korea Selatan

Lu ~ga nyimpen nama lengkap~, China

설 홍 Hongseol, Korea Selatan

Gerson, Costarica

涛 张 Zhang Tao, China

Gi Su, Korea Selatan

Ada satu lagi tapi nggak dimasukin ke messenger.. http://www.smileycodes.info 

Saya biasanya ngobrol nyambung sama Moon, Hyub, Heeya, sama Lu. Lainnya sih kadang2 aja, tapi sekalinya ngobrol tuh seru banget. Terus kalo Tao, dia orangnya pendiem banget. Lucu juga sih, kita bisa tau karakter orang dari cara dia chat...

Udah dulu ah, ntar dilanjut lagi..

see you~~!
http://www.smileycodes.info

No comments:

Post a Comment