Search This Blog

Thursday, December 10, 2009

Yayasan PERSADARaya (Pemberdayaan Masyarakat dan Pemuda Bandung Raya)

Assalamu'alaykum wr wb..
saya menulis artikel ini khusus untuk teman2 kommsat it telkom. Ditakutkan pas pleno hari jum'at sore saya nggak bisa dateng karena ada bimbingan tubes. Jadi yayasan ini didirikan atas prakarsa para pengurus kammda untuk mendapatkan aliran dana pendidikan yang insya Allah sudah dianggarkan oleh pemerintah kabupaten/ daerah. Menurut informasi yg saya dapatkan bahwa pemkab akan memberikan dana pendidikan ke yayasan2 yg konsen di bidang pemberdayaan masyarakat dan pemuda. Nah, dari situ kammda ingin mengambil bagian juga dengan mendirikan yayasan ini, daripada dana itu ngalir kemana-mana ngga jelas, ya kan??
Yayasan ini sedang dalam proses pengajuan proposal ke pemkab yang insya Allah akan diajukan pada tanggal 15 Desember 2009.
Pada forum pengmasy yang diselenggarakan pada hari ahad tgl 6 Desember 2009 yang lalu, telah ditentukan kelangkapan2 yayasan seperti ketua, sekretaris, bendahara, dan divisi2. Divis2 yg ada yaitu divisi UKM (usaha kecil menengah), sosial keagamaan, dan pendidikan dan pelatihan. Divisi2 ini akan mencakup dua bidang yaitu bidang kemasyarakatan dan kepemudaan. Kemudian, orang2 yg diamanahkan untuk menduduki jabatan2 tersebut antara lain :
Ketua yayasan : akhi Arifin dari UIN
Sekretaris : ukhti Hana dari UIN
Bendahara : Nui dari IT Telkom
Kadiv UKM : akh Ikhlas Kadept PengMasy KAMDA
Kadiv Sosial Keagamaan : akh Dadan dari UIN
Kadiv Pendidikan dan Pelatihan : akh Rifqi dari IT Telkom

Yang perlu ditekankan disini adalah yayasan ini milik semua departemen yang ada di kammsat. Tidak hanya untuk departemen eksternal saja. Jadi, tiap2 departemen juga perlu memberitahukan apa saja proker2nya, nanti kita akan mengolah proker2 masing2 kammsat yang outputannya adalah berupa program kerja Yayasan Persadaraya. Oiya satu lagi, yayasan ini benar2 terpisah dari tubuh KAMMI itu sendiri, meskipun org yg didalamnya adalah anak KAMMI, tetapi nggak menutup kemungkinan akan diadakan semacam open recruitment untuk pihak luar. Hal ini dimaksudkan agar aliran dana mengalir lebih lancar dibandingkan kita mengajukan proposal kegiatan dengan cap nama KAMMI (yang konon agak sulit mendapatkan dana dari pemkab).
Kalo kata kak Ikhlas kemarin, yayasan ini hanya sebagai penyaluran syahwat sosial kita. Karena sebenarnya jiwa sosial kader KAMMI itu sangat tinggi namun selalu terbentur dengan masalah dana. Sekali lagi, yayasan ini dibentuk agar kita dapat aliran dana yang telah di-packing oleh pemkab untuk yayasan2. Dan kita sangat yakin kalo proker2 kita memang mantap untuk masyarakat dan pemuda Bandung. So, jangan khawatir yg mau bergabung dengan yayasan ini. Sok tinggal dipilih aja mau masuk divisi yang mana. Kalo ada pertanyaan, kritik, dan saran silahkan beri comment di postingan ini.
Syukron jazakallah.
Wassalamu'alaykum wr wb.

Nurida Ekarini
Departemen Pengembangan Masyarakat
KAMMI Komisariat IT Telkom


No comments:

Post a Comment