Search This Blog

Tuesday, June 22, 2010

Belajar Mengenai Teknik-Teknik Animasi PART II (Animasi Tri-Matra)

Animasi Tri-Matra (Object Animation/ 3 Dimensi)
Animasi tri-matra merupakan animasi yang objeknya bukan lagi terlihat dari satu sisi saja tetapi dari berbagai sisi (depan, belakang, samping). Intinya, objek dalam animasi ini hampir mendekati hidup. Contohnya seperti animasi yang sedang digandrungi sekarang, yaitu ipin upin. Ipin upin merupakan animasi 3 dimensi buatan Malaysia. Apa saja teknik-teknik yang dapat membentuk suatu animasi tri-matra ini?

Puppet Animation (Film Animasi Boneka)
Objek animasi yang dipakai dalam teknik ini adalah boneka dan figur lainnya dan merupakan penyederhanaan dari bentuk alam benda yang ada, terbuat dari bahan-bahan yang mempunyai sifat lentur/ plastik dan mudah untuk digerakkan sewaktu melakukan pemotretan bingkai per bingkai, seperti bahan kayu yang mudah ditatah atau diukir, kain, kertas, lilin, tanah lempung, dan lain-lain untuk dapat menciptakan karakter yang tidak kaku dan terlalu sederhana.
Contoh: The Tale of the Fox, The Night Before Christmas, Shaun The Sheep
 
Model Animation Technique (Animasi Model)
Karakter model yang digunakan dalam teknik ini dianimasikan agar dapat berinteraksi dengan karakter asli manusia. Karakter tersebut menjadi bagian dari live-action shot.
Contoh: King Kong, Jurassic Park, Godzilla


Pixilation (Pixilasi)
Teknik ini menggunakan figur manusia sebagai objek animasi. Pixilasi adalah suatu teknik pemotretan dimana manusia berbuat atau melakukan suatu adegan seperti boneka, sama halnya yang dilakukan dalam film animasi pada umumnya.
Contoh: Neighbours (1952)

Nah, itulah berbagai macam teknik animasi yang sering digunakan oleh para animatior selain dengan komputer. Mudah-mudahan artikel ini dapat memberikan manfaat khususnya untuk kalian yang tertarik dengan animasi. Selamat belajar!

Sumber:
http://www.mintdesignblog.com/2009/06/999-puppet-animation/
http://mindyourowngoddamnbusiness.com/wordpress/page/2/

No comments:

Post a Comment