Search This Blog

Friday, January 22, 2010

Anime Death Note


Kalo saya bilang animenya cukup membuat saya menguras otak. Awalnya saya nonton anime ini karena rasa penasaran saya dengan jalan cerita dari Serial Death Note. Pertama saya nonton live actionnya tapi kok saya kurang mengerti. Jadilah saya nonton animenya dengan sepenuh hati. Eehh, malah tambah nggak ngerti saya. Apa karena beberapa act yg ga ada di live actionnya atau saya kurang cepet nangkep apa yg disuguhkan setiap episodenya ya? By the way, anime Death Note berjumlah 37 episode. Lumayan dikitlah dibandingin detective conan, doraemon, shinchan, dragon ball, samurai x dll. Makanya saya berani nonton (biasanya males karena kepanjangan). Awal-awal episode masih okelah diikutin karena hampir sama dengan live-nya. Makin ke belakang ada beberapa hal yg bikin saya makin ngerti ada juga hal2 yg membuat saya makin nggak ngerti jalan ceritanya. Tapi ini yg bikin saya penasaran. Dengan munculnya tokoh2 baru (yg ga ada di live), nonton malem2 (mantap kalo dinikmati di malam hari), ditambah penganan kecil dan kopi kental manis (bukan susu kental manis), wah semakin terlarut saja saya nontonnya. Meskipun tokoh paporit saya si L Lawliet mati di episode dua puluh-an, tetep aja saya pantengin itu anime.



Ceritanya sendiri sih mengenai seorang cowok bernama, Light Yagami (Raito Yagami) yang nemuin buku Death Note di sekolahannya dia (beda cara ketemunya sama yg di live). Awalnya dia nggak percaya sama kekuatan Death Note itu, tapi pas dia coba ternyata buku itu benar-benar memiliki kekuatan yang membahana (halah lebay), yg bisa membuat orang mati jika namanya ditulis di buku itu. Apalagi dia udah ngeliat juga kan si shinigami-nya yg namanya Ryuuk, makin yakin aja dia sama kekuatannya. Mulai dari situ dia berperan sebagai Kira, yg akhirnya dikenal sebagai penyelamat keadilan dengan cara membunuh orang2 kriminal menggunakan Death Note itu.  Nah, orang2 sebagian besar mendukung Kira karena terbukti angka kriminaitas turun sejak adanya Kira dan peristiwa kematian mendadak para kriminal karena serangan jantung. Tapi kan yang namanya ngebunuh tetep aja salah, makanya diusut nih kasus tentang Kira, yang akhirnya melibatkan L/ Ryuzaki/ Ryuga Hideki, sang detektif legendaris dunia (tokoh paporit saya).

Pertarungan cukup sengit dalam membongkar identitas Kira. Apalagi muncul tokoh Kira Kedua. Nah, lho! Ya, Death Note nya ada dua, jadi shinigaminya juga dua. Pemilik buku kedua itu si Misa Amane, dia model sama pemain drama (sinetron kalo di kita mah), shinigaminya namanya Rem. Oiya, yg paling seru itu pas Light sama L kerja sama membongkar identitas Kira yang sebenarnya. Padahal kan Kira itu ya si Light. Akhirnya banyak lah intrik2 Light untuk memutarbalikkan fakta, dan semua itu ia rencanakan dengan menggunaka Death Note itu sendiri. Yang menyedihkan, L meninggal gara2 Death Note. Huaa!! Tokoh paporit saya berhenti di tengah jalan, padahal Kira belum terkuak identitasnya. Akhirnya saya relakan sajalah dan saya melanjutkan nonton. Nah, ada tokoh baru nih namanya Near dan Mello. Mereka satu institusi sama L dulu. Nantinya si Near yang membongkar identitas Kira. Seru euyy endingnya...

Tokoh-Tokoh


Light Yagami (Raito Yagami)
Cowok yg insting keadilannya kuat banget. Tetapi sayangnya dia membela keadilan dengan cara yg salah, yaitu menggunakan kekuatan Death Note. Ia menulis nama-nama pelaku kriminal dalam Death Note, dan..pelaku mati selama 40 detik karena serangan jantung. Kalo saya bisa bilang, tokoh Light ini sangat teramat cerdas. Analisisnya keren, kemampuan strategi juga patut diacungi 10 jempol. Terbukti dia dapat merencanakan sesuatu yg besar yg dapat memutarbalikkan fakta. Bahkan ia dapat membuat shinigami Rem musnah menjadi pasir. Meskipun pada akhirnya Light meninggal di tangan shinigaminya sendiri, tetapi kekuatannya menyembunyikan identitasnya sangat outstanding.



L Lawliet/ Ryuzaki/ Ryuga Hideki
Banyak ya namanya?? Memang begitulah L, nggak mau nama aslinya dikenal luas. Bahkan L itu bukan nama aslinya (???). Ketika ia bekerja sama dengan kepolisian ia maunya dipanggil Ryuzaki. L sempat satu kampus loh sama Light, nilai ujian masuknya sama lagi, peringkat paling atas! Dan pada saat itu ia ngenalin dirinya sebagai Ryuga Hideki. Yang saya suka dari tokoh L ini adalah gayanya yg cuek dan nyentrik. Dia suka banget makan makanan mengandung gula, kaya coklat, permen, es krim, katanya untuk kecerdasan otaknya. Pose paporitnya itu duduk di kursi dengan jongkok di atas kursinya! Plus, lagi gigit jari gitu, top banget deh. Emang ga sopan sih, tapi itulah L. Lebih sering menggunakan tiga jari untuk melakukan sesuatu. Hal2 inilah yg membuat saya tertarik pada tokoh L. Di balik tingkah lakunya yg tidak biasa, ia memiliki ketajaman analisis yg luar biasa. Ia berani mempertaruhkan dirinya untuk kemungkinan yg kecil. Bahkan sampai akhir hayatnya ia masih mencurigai Light adalah Kira, meskipun banyak hal2 yg membuat kita berfikir bahwa Light bukan Kira.



Watari
Pelayan setianya L. Saya nggak begitu tahu banyak cerita tentang dia. Tapi, Watari ini memang bener2 nurut sama L. Apa yang dikatakan L pasti diturutin..







Misa Amane
Seorang model yang juga pemilik dari buku Death Note kedua. Misa terobsesi banget ketemu sama Kira karena Kira udah ngebunuh orang yg udah ngebantai semua keluarganya. Ketika udah ketemu sama Kira (Light), dia mau melakukan apa saja untuk Kira. Oiya, dia punya kemampuan mata shinigami, makanya masa hidupnya dia berkurang separuh, dan mata shinigaminya dimanfaatkan oleh Light untuk mengetahu nama asli L (agar bisa ngebunh L pastinya). Misa poling in lop bgt sama Light, jadi dia bener2 pengen berguna buat Light.




Ryuuk
Shinigaminya Light. Kalo menurut saya Ryuuk cukup kawaii. Nggak tau kenapa, suka aja sama Ryuuk. Termasuk tokoh paporit saya juga nih. Ryuuk ngejatohin buku Death Note ke dunia manusia hanya karena dia bosen hidup di dunia shinigami (ada2 aja si Ryuuk). Dia suka banget sama apel (so sweet bgt). Jenis kelaminnya kayaknya laki2.




Rem
Shinigaminya Misa. Nah kalo Rem nih lebih kalem, nggak kayak Ryuuk yg pecicilan (kata org jawa). Mungkin karena dia perempuan (kayaknya juga). Dia ntar musnah jadi pasir, soalnya dia ada 'rasa' ke Misa, dan dia kecolongan ngebuat si Misa lifespan nya jadi nambah.



Lainnya:


Near









Mello










Teru Mikami
dll


2 comments:

  1. eh, kl near mello ma teru mikami tu siapa?
    kok kagak da penjelasannya buw?!
    >_<

    ReplyDelete
  2. Hehe.. untuk near, mello, sama teru mikami saya belom mengerti secara jauh tentang karakter mereka. Nonton animenya aja, pasti ntar tau karakternya gimana.. :) trims ya..

    ReplyDelete