Search This Blog

Wednesday, July 25, 2012

25th of July.. 5 months.. Dad, how's your days there?

anybody can guess this post title about??

Tepat banget hari ini, adalah 5 bulan setelah bokap meninggal. Iya, gw belom pernah cerita di blog kalo bokap gw sudah menghadap Allah tanggal 25 Februari yang lalu. Terakhir banget gw cerita tentang bokap itu bulan Februari, beberapa hari sebelum bokap pergi. Alasan gw pending cerita gw adalah... yah.. sulit aja mengungkapkan dalam bentuk tulisan. Bahkan untuk saat ini gw masih ga sanggup untuk sharing di blog. Tapi mungkin... ini waktunya gw sharing kali ya di blog yang ini.. biasanya gw kalo lagi galau-in bokap, gw ceritanya di tumblr..



sumpah, ini gw bingung mau mulai cerita dari mana.

Seinget gw tanggal 25 Feb itu hari sabtu.. waktu hari jumat nya gw pulang pas maghrib, biasanya gw balik dari RS abis ashar.. tapi entah kenapa waktu itu gw stay di sana sampe maghrib, dan akhirnya gw pulang. Gw harus bolak-balik ke rumah tiap hari soalnya di RS ga ada ruang tunggu, jadi ya gw harus pulang ke rumah, sekalian gw nyuci baju dan sarung kotor yg harus gw bawa lagi besoknya ke RS. Hari sabtu pagi, waktu gw baru mau berangkat, dianter sama tetangga naik mobil, tetangga gw baru buka pager dan manasin mobil.. terus tetangga gw ditelpon nyokap dan ngasih tau kalo bokap gw meninggal...

Pagi itu gw ngerasa ancur banget.. mungkin gw nyesel kenapa gw ga stay aja di sana.. waktu tetangga gw bilang "innalillahi wa inna ilaihi rajiuun" keras2, sampe tetangga yang lain juga pada panik, gw yang lagi di ruang tamu cuma bisa duduk, nyesek, masih berharap gw cuma mimpi... tapi waktu tetangga berbondong-bondong dateng ke rumah dan meluk gw, seketika gw langsung nangis histeris, gw lemes, yang ada di pikiran gw cuma "kenapa, kenapa". 

Kenapa gw ga ada di samping bokap waktu itu..

Tapi gw pikir.. mungkin gw disuruh Allah buat beberes di rumah.. alhamdulillah tetangga pada sigap bantuin gw buat "menyambut" jenazah bokap gw yang 2 setengah jam setelah itu tiba di rumah. Nyokap keliatan tegar waktu itu tapi matanya rada bengkak..

Waktu bokap digotong dari mobil jenazah ke dalem rumah, gw masih nggak percaya dan bertanya-tanya "ini beneran bokap gw??" Dan ketika jenazah bokap disemayamin di rumah dan dibuka kain kafannya di bagian wajah... "iya.. ini bokap gw.."

 Gw ga bisa nangis lagi waktu itu, tapi hati gw perih banget... banget.. bahkan ga bisa gw ungkapin... gw baca yasin berulang-ulang di depan jenazah bokap sambil menyambut tamu2 yg berdatangan buat ngelawat. Waktu itu gw ga nangis... tapi pas gw nyeritain ini... gw nangis.. berasa flashback ini ada di hadapan gw dalam bentuk hologram..

Bokap dimakamin di TPU deket rumah.. waktu pemakamannya kaki gw lemes, gw nahan nangis tapi ga bisa.. kata kakak sepupu gw "jangan nangis..". Dan oke.. gw ga nangis, gw takut bokap malah ga tenang perginya.. 

Waktu itu gw pake jilbab putih dan orang2 pada pake kerudung warna gelap... kenapa gw pake putih?? Selain gw belum nemu ayat al Quran dan hadist Nabi yang nyuruh pake hitam2 atau warna gelap sebagai tanda berkabung, bokap pernah bilang kalo beliau suka gw pake jilbab putih. Jadi waktu bokap masih di RS, pas pemakaman, dan pengajian 3 hari, gw selalu pake jilbab putih.. cuma sekali gw pake jilbab hitam dan itu karena jilbab putih gw dijemur..

Sodara2 gw yang awalnya rame banget di rumah (yang dari Jawa Timur sm Jawa Tengah juga pada dateng), akhirnya pada pulang semua.. dan pada saat itulah gw ngerasa sepiiiiii banget kalo ga ada bokap... aneh banget rasanya.. ya mungkin karena belom biasa.. nyokap masih sering nangis kalo inget... gw tau, hati nyokap adalah hati yang paling hancur... nyokap suka nyalahin diri sendiri, merasa bersalah ke bokap..

Bokap sebenernya ga pernah mau dirawat di RS, karena bokap emang lebih seneng sama suasana rumah. Dulu emang bokap keukeuh banget pengennya di rumah.. sedangkan gw sama nyokap ga tau gimana caranya nyembuhin bokap... karena kita bukan dokter, kita cuma bisa penuhin apa yang bokap pengen... tapi akhirnya bokap mau dirawat di RS.. dan ternyata itu malah bikin bokap... tersiksa..

Bokap ga bisa tenang selama di RS... selalu gelisah.. dan pasien2 yang satu kamar sama bokap akhirnya keganggu... mereka selalu ngasih tau bokap buat lebih tenang... tapi entah kenapa... bokap tetap ga bisa tenang... gw kadang suka panas denger mereka kalo udah "ngomelin" bokap, apalagi pas mereka ngeliat kita dengan pandangan yg gimanaa gitu... dan gw mikir "setiap saat nyokap ada di posisi kayak gini".

Harusnya emang bokap ada di kamar VIP, tapi katanya kamarnya penuh... bokap gw kan komplikasi diabetes, jantung, sama ginjal, seharusnya emang udah di tempat yang khusus.. sedangkan pasien lainnya yang di kamar itu "hanya" diabetes. 

Huaaa.. gw nangis, kalo inget detail nya.. kayaknya gw ga usah ceritain secara detail yah.. :'(

Setelah bokap pergi... banyak hal yang gw baru tau tentang bokap... nyokap cerita, bokap pengen pasang LCD TV di kamar, kata bokap "TV ini mah udah ketinggalan zaman" (TV yang di kamar waktu itu TV biasa). Terus... selama sakit.. bokap sebenernya ga mau ngerepotin siapapun, jadi bokap sering nyembunyiin sakitnya.. tapi akibatnya malah makin parah... bokap ga mau bikin khawatir, plus bokap ga mau rasa sakitnya itu bikin beliau dibawa ke rumah sakit.. jadi bokap memilih diam.. 

Entah gw mesti nyesel apa nggak... gw sempet suuzhon ke bokap dengan bilang "ayah sebenernya mau sembuh ga sih?", waktu itu gw kasih nasihat ke bokap biar mau dibawa ke rumah sakit. Kata nyokap, bokap pengen hidup lebih lama, pengen sembuh, dan pengen tetap di rumah.. karena bokap ga mau kalo nantinya pas di RS, kita malah nyerahin semuanya ke dokter, gw tau mungkin bokap pengen tetep ada di tengah2 keluarganya dengan suasana hangat di rumah...

Dan.. entah gw mesti nyesel apa nggak... gw ga liat pas bokap sakaratul maut.. mungkin kalo gw liat gw bisa lebih hancur dari yang sekarang.. mungkin gw ga bakal bisa "tegar" kayak sekarang... mungkin Allah tahu gw ga siap... tapi gw tetep bener2 nyesel kenapa gw ga ada di samping beliau waktu itu.. gw cuma bisa liat ketika bokap udah dibungkus kain kafan..

Semenjak bokap ga ada.. gw jadi sering ngegalau-in bokap.. aneh ya, orang2 mah galau gara-gara pacar atau gebetan, kalo gw lebih sering ngegalau-in bokap.. apalagi kalo ada hal2 yang bikin gw inget bokap, rasanya pedih banget... liat temen cerita tentang keluarga aja gw sedih, liat iklan yang ada sosok ayah atau keluarga lengkap aja gw juga sedih..

Tapi gw ga mau nangis lagi... nahan nangis dan pedih itu emang menyakitkan, tapi gw harus ngelakuin itu... setidaknya gw ga mau terpuruk.. 

Kemaren2 gw udah bikin suatu kesalahan fatal yang bikin nyokap sedih dan kecewa banget.. gw nge-down.. gw frustasi dan putus asa.. tapi alhamdulillah, gw mau mulai lagi.. di tempat baru dan di lingkungan baru.. 

Semoga temen2 mau doain gw :)

Udah ya ceritanya. Ini postingan terpanjang gw bukan ya?? Kayaknya sih bukan deh.. yah gw ga bisa ceritain semua karena takut jadi nge-down.. ini aja gw udah hampir batal puasa, tapi semoga Allah ga ngurangin pahala puasa gw ya :D

Btw, tahun ini puasa pertama ga ada bokap.. dan tentu aja.. lebaran nanti adalah lebaran pertama ga ada bokap... entah kayak gimana suasana rumah nanti... gw ga berani ngebayangin..

would you mind to pray for him?? Thank you in advance..

There are good men come to me, but dad will be the best..

Selamat puasa!! (^_^)


3 comments:

  1. :) Semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisiNya :) Aamiin, semangat nui,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..
      Makasih Gun doanya.. :)
      Semangat jugaa!! :D

      Delete
  2. sebagus2nya panggilan adalah Ayah, ato Bapak.
    Krn klo Bokap itu panggilan yg terlalu kasar utk Beliau, meski hnya sbuah tulisan, tp sanjunglah dy dgn panggilan yg lbh Baik.
    :)

    Semoga Beliau bisa diterima disisi-NYA.

    From :
    pengemis yg numpang lewat.

    ReplyDelete