Search This Blog

Saturday, June 16, 2012

My second home, about ONE OK ROCK fandom (OORI, I Love You!!)

Orang bilang, rumah adalah tempat yang paling nyaman buat ngapa-ngapain, tempat dimana lo bisa jadi diri lo sendiri, ngeluarin semua uneg-uneg yang lo rasain, dan lo bisa betah ngabisin waktu lo di sana. Bagi gw itu bener, rumah di sini bisa berarti rumah lo beneran, tempat lo tidur, makan, nonton tv, dll, atau "rumah" dalam bentuk yang lain. Iya, rumah pertama gw itu, rumah ortu yang di Bekasi. Dan.. rumah kedua gw adalah... ONE OK ROCK fandom..

Fandom di sini sendiri gw artikan secara luas, bukan cuma fanbase Indo aja, tapi keseluruhan (tapi gw ceritainnya satu-satu). Meski gw masih terhitung bari di dunia fandom, gw ada perasaan "memiliki" ke fandom ini. Setiap gw di sana, it really feels like home. Lo pasti ngerti lah ketika rasa memiliki terhadap sesuatu itu muncul, lo bakal berbuat apa untuk sesuatu itu. Lo bakal selalu mikirin, kepekaan lo meningkat, dan lo rela ngelakuin apa aja untuknya, ya kan? Nah itulah yg gw rasain sekarang... dan gw tau ga semua orang bisa ngerti apa yang gw rasain terhadap fandom yg gw geluti sekarang.

ONE OK ROCK Indonesia Fanbase

First time...
Awalnya gw cuma ikut-ikutan aja lah di fandom OORI, yah namanya juga lagi nge-fans, wajar aja gabung sama komunitas di Indo, biar bisa kenalan sama yg lain juga kan. Gw juga follow twitter (dari sini gw jadi rajin main twitter xD) Tapi ga tau kenapa ya, nggak lama setelah gw gabung di sana, gw ngerasain aja kalo fanbase ini bakal jadi fanbase yg keren. Gw tau OOR tuh pasti cinta banget sama fans nya, kenapa kita nggak nunjukkin kalo kita emang bener-bener cinta mereka. Selain beli original goods mereka, ya salah satunya ngenalin musik mereka lewat fanbase ini. Dari situlah gw berfikir untuk memulai "mengelola" komunitas ini jadi lebih baik. Gw ngasih saran buat bikin peraturan di grup biar grup rada rapi gitu.


Website forum...
Setelah beberapa lama di fanbase, waktu admin grup ngumumin kalo lagi butuh staff forum, gw ngajuin diri jadi moderator. Iya, dulu kita punya forum, tapi sekarang udah ga ada lagi, karena masalah teknis. Entah mau tetep ada forum atau nggak. Dan akhirnya waktu itu gw diangkat jadi moderator di sana. Pekerjaan pertama gw adalah posting lirik!! Hahaha xD Gw excited banget meski cuma nge-post lirik aja xD Bukan karena bisa naikin jumlah post, tapi emang seneng aja ngelaksanain pekerjaan pertama gw sebagai moderator forum.. dan gw bangga :)


Karena itu forum baru banget, jadi masih sepi. Yang sering mondar-mandir di situ cuma para moderator kece. Tapi lumayan makin agak rame, karena pengurusnya juga sering posting info, diari, foto, dll. Sampai akhirnya forum kita mati dan kita bikin fanpage sebagai pengganti forum...

Fanpage...
Gw diangkat jadi admin fanpage!! Gw makin seneng, gw makin pengen berdedikasi buat fanbase ini. Ini fanpage jadi tempat kita buat kasih-kasih berita, event, foto-foto, dll. Kalo grup FB itu buat ngobrol-ngobrol sesama OORers. Semenjak fanpage ada, gw bener-bener mikirin gimana caranya ini fanbase jadi gede, jadi keren, jadi mantap... setidaknya manajemen OOR bisa ngelirik ke fanbase kita. Gw mulai corat-coret grand design fanbase, mulai dari target-target, peraturan-peraturan, "program kerja", dll.


First project...
Awalnya, gw rada ga yakin sama ide gw, tapi akhirnya gw memberanikan diri untuk mengungkapkan ide gw buat merayakan ultah Taka dengan bikin scrapbook. Gw bilang sama semua admin yang ada tentang ide gw dan Alhamdulillah mereka semua setuju sama ide gw. Gw jadi pilot project. Mereka juga ngasih masukan-masukan yg belom gw pikirin sama sekali. Gw berterima kasih banget sama admin-admin yang kasih apresiasi buat ide gw, itu berarti banget. Tapi rada kecewa juga sih, soalnya ga semua admin ikut project ini, meskipun begitu, gw tetep seneng.

Project ini bener-bener trial and error, yang gw tau gw mau bikin sesuatu buat Taka, nggak ada pikiran lain. Yang bikin gw terharu adalah banyak yang berpartisipasi, itu yang bikin gw tambah semangat nyelesain project ini. Alhamdulillah, project nya berjalan lancar dan berakhir dengan bahagia... sekali lagi, gw ucapkan terima kasih banyak :')

ONE OK ROCK Asian Tour...
Hmm.. mungkin ini yang jadi titik balik kita ke-sekian untuk lebih mikirin lagi gimana caranya OOR ngelirik kita. Ya, gw yakin semua admin dan member fanbase terpukul dan akhirnya galau ngeliat list tour mereka di Asia. Tapi dari situ, beberapa orang admin dan koorwil ngomongin tentang next step of our fanbase. Kita punya ide tribute to+gathering regional di bulan Juni (karena Asian tour banyakan di bulan Juni). Bahkan kita sampe ngobrolin tentang gathering nasional dan dibentuknya kepengurusan. Iya, kita perlu punya mimpi dulu sebelum meraihnya kan? Ini baru mimpi 4 orang, gw belum tau apakah semua admin+member punya mimpi yang sama. Gw masih bertanya-tanya...

Tribute to + gathering regional plans
Ide ini udah tertata rapi, tapi nampaknya tidak terlaksana dengan baik. Gw nggak ngerti kenapa... salah gw juga mungkin. Gw sendiri lagi ada kerjaan banyak.. Tapi gw pikir setelah ini di-share ke semua admin, semua akan membantu atau serius untuk ini, ternyata ekspektasi gw rada melenceng. Mungkin kalo di awal ada yg kasih pertimbangan atau hal-hal lain, ga bakal kejadian kayak gini. Karena gw juga nggak "ngoyo" banget kalo ini harus terlaksana. Karena ketika di-share gw anggap semua "oke", gw berani untuk ngelajutin ini. Iya, gw kecewa, terlebih gw kecewa sama diri sendiri. Selain itu, ada sesuatu yang membuat semua rencana kita berubah...

Petisi buat ONE OK ROCK...
Gw sama seorang admin memberanikan diri untuk mulai invasi ke promotor-promotor. Kita mulai tanya-tanya gimana caranya OOR dateng ke Indo. Gayung pun bersambut, salah satu organizer bilang kalo ada kemungkinan untuk promote mereka di acara organizer itu, tapi mereka minta kita ngumpulin petisi. Kita panik, campur terharu. Kita rencanain bikin petisi online dan petisi on paper. Acara tribute to itu kita ganti jadi ngumpulin petisi on paper. Gw, satu admin, sama satu koorwil begadang buat mikirin petisi ini. Kita conference sampe tengah malem. Sayangnya, gw ga tau apa yang salah sama kita, petisi on paper ga terlaksana dengan baik. Ternyata emang Juni ini pada sibuk sama tugas kuliah, dan ada juga yg lagi sibuk nyari sekolah. 


Petisi online pun juga melempem. Udah 3 minggu belom terkumpul 100 signatures. Rasanya pengen nangis kalo liat perbandingan jumlah member grup sama jumlah petisi yang kekumpul. Rasanya perih banget, Tapi ya gimana, jadi ketauan kan yang bener-bener mau dan biasa aja. Nggak semua admin juga aktif gembar-gemborin ini petisi. Dan akhirnya Autumn tour nya OOR udah rilis aja, dan itu dari bulan September-November. So, it's impossible to invite them this year, I know, I'm officially hopeless. Tapi petisi ini akan tetep jalan sampe kapanpun dan pihak organizer nya sendiri belom kontak kita lagi.

Our next step...
Dari gw sendiri... gw belom tau... lebih tepatnya gw ragu... sekarang yg gw pengen satu, gw pengen tau apakah (setidaknya) tiap admin/pengurus punya rasa "memiliki" atau ngga ke fanbase ini. Bukan hanya ketika ada kabar baik aja, bukan hanya ketika ditegur, bukan hanya ketika diminta, bukan ketika hanya perlu aja inget ke grup. Tapi kapanpun, setidaknya berikan waktu luang untuk grup. Gw ga minta 100%, sejam aja setiap hari, gw udah seneng banget. Semua admin punya real life, gw yakin semua admin sibuk, tapi bukan berarti karena kita belum tatap muka, atau "ini cuma grup FB", terus kita anggep ini cuma sampingan atau mungkin cuma main-main.

Akhirnya gw pun bertanya-tanya, mau diapain nih fanbase? Kenapa sih fanbase ini dibentuk? Secara bukan gw yg jadi pionir, gw rasa wajar kalo gw mempertanyakan hal ini. 

Apa gw salah kalo gw akhirnya jatuh cinta sama fanbase ini? Apa gw salah klo gw akhirnya punya mimpi di fanbase ini? Apa gw salah kalo akhirnya gw jadiin fanbase ini kehidupan gw? Apa gw salah kalo gw lebih milih berada di fanbase ini dibanding milih love life gw? Apa OOR salah udah bikin gw pengen berdedikasi buat fanbase ini?

Gw sedih ketika di dalam satu wadah tapi kita ga punya mimpi sama. Gw tau, gw ga bisa maksa semua untuk punya mimpi sama kayak gw, tapi gw tau, semua pengen OOR ke Indo, pengen bilang makasih ke OOR kan?? Atau nggak juga?? Oke, gw tunggu, gw tunggu sampe semua punya mimpi itu, gw pengen tau mimpi kalian di fanbase ini... jadi kita bisa bareng-bareng mikirin, bareng-bareng seneng, bareng-bareng nangis, semua bareng-bareng...

Sorry kalo gw terlihat lebay, tapi ini yg gw rasain sekarang.. gw ga pernah benci fanbase ini dan orang-orang yang ada di dalamnya. Bahkan gw ketemu sama orang-orang super luar biasa di fanbase. Kata-kata kecewa mungkin lebih tepat, tapi rasa kecewa itu muncul karena gw cinta kalian. Itu wajar ketika kita lagi meraih mimpi tapi kita belum berhasil, kita kecewa, tapi kita bangkit mengatasi kekecewaan itu, kita ga bakal bisa benci sama mimpi kita.

Gw sadar gw ga bisa berdiri sendiri, gw butuh kalian, gw butuh temen-temen... nggak ada lo nggak rame bro.. dan gw minta maaf kalo gw ada salah di fanbase ini. Gw minta maaf kalo gw terlihat blagu, sotoy, atau sombong. Sekali lagi gw minta maaf..

I have nothing to say anymore.. just.. I love OORI.. :)

2 comments:

  1. Salam Nui~chan,
    saya terharu baca tulisannya, saya bisa memahami apa yg kamu rasakan, krn kurang lebih seperti itulah yg saya rasakan ketika menjadi admin salah satu komunitas.
    Ketika kita menemukan komunitas yg bs di jadikan rumah kedua memang kita akan melakukan apasaja utk menjaga dan memajukan komunitas itu, beribu ide pun muncul.
    Namun memang, apa yg kita fikirkan baik, blm tentu sama dan sejalan dg org lain. Saya pernah tanya begini,"apakah cm gw doank yg pny rasa ini? Apakah kalian syg ma komunitas ini? Kemana kalian? Mana bentuk sayang kalian?" dan rekan admin menjawab,"semua org syg dg komunitas ini, hny sj pny cara beda2 dlm melampiaskannya". Well, disini saya berfikir, oh mungkin saya yg terlalu cinta dan ambisi utk menjadikan komunitas ini besar. Akhirnya saya ikuti aturan main admin lainnya, dg agak menyantaikan diri *daripad kecewa* namun saya lihat komunitas ini bukannya maju malah merosot.
    Jadi Nui~chan, selama semangat dan ide itu masih berkwliaran di kepala, hayoo lakuan dan tuangkan, memang tdk akan 100% diikuti, tetapi org yg tahu niat baikmu pasti akan memahami dan mau mengikuti, bkn krn ikut2an (ataw sekedar jaga perasaanmu) tetapi mereka tertular semangatmu utk OOR.
    Sankyuu, saya merasa memang OORI fandom yg hebat, dg admin yg berdedikasi seperti dirimu, krn ketika saya memutuskan jd fangirl suatu grup, itu bkn hny krn grupnya semata, saya akan lihat jg gmn fandomnya.
    OOR dg member yg bertalenta dan fandom yg berdedikasi, insyaAllah akan jadi semakin baik. Amiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa admin komunitas apakah itu?? :O *pingin tau*

      Iya, entah kenapa emang bener dapet feeling kalo OORI bakal jadi fandom yg keren. Mungkin krn aq jg dapet influence positif dari OOR dan OOR bisa dibilang pernah "menyelamatkan" aq (khususnya Tomoya sweetheart xD), aq ngerasa hrs berterima kasih, salah satunya dgn bikin fandom ini jadi besar dan ngenalin musik2 mrk lebih luas.

      Dan ga pernah kepikiran juga aq lebih pilih OOR dan fandom ketimbang love life. Sampe sekarang pun masih suka kepikiran. Bukan untuk disesali atau diratapi sih, justru semakin menguatkan aq untuk mikir "I gave up a lot for this, and I'll be a dumb ass if I give up again." Jadi tetep semangat yeay!! :D

      Delete